Pelajari SPBE Smart City, Diskominfo Kota Bengkulu Kunjungi Surakarta

Pelajari SPBE Smart City, Diskominfo Kota Bengkulu saat kunker ke Diskominfo SP Surakarta.

Bengkulu – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu memiliki pekerjaan rumah (PR) atas keinginan Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi untuk mewujudkan Kota Bengkulu menjadi kota cerdas, yang lebih dikenal smart city.

Keinginan tersebut menjadi tekad Kepala Diskominfo dan jajaran dalam waktu dekat untuk melakukan penguatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Bengkulu.

Seperti yang kita ketahui, penguatan SPBE dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Dalam mewujudkan smart city, Diskominfo Kota Bengkulu melakukan pembelajaran di berbagai daerah yang sudah maju dalam menerapkan SPBE.

Seperti saat ini, Diskominfo Kota Bengkulu bersama Komisi I DPRD melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Diskominfo SP Surakarta, Rabu (22/6/22).

Baca Juga :  Kunjungi Kemensos, Bupati Kaur Ajukan Usulan Mobilitas, Fasilitas dan Program PPKS

Rombongan Kunker Kota Bengkulu yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Bambang Hermanto ini disambut baik dengan Seketaris Diskominfo SP Surakarta Agung Hendratno dan jajaran di ruang rapat Upakari II.

Turut mendampingi Bambang, Anggota Komisi I DPRD, Kabid IKP Kominfo Nugroho Tri Putra, Kabid Tata Kelola Teknologi dan Statistika Ariani Ningrum serta jajaran lainnya.

Saat duduk bersama, Bambang menyampaikan tujuan DPRD dan Kominfo berkunjung ke Diskominfo SP Surakarta untuk mempelajari penerapan SPBE dalam mendukung smart city.

Termasuk penggunaan aplikasi dan mengenai pengelolaan hubungan kerjasama media dan esiminasi Informasi publik.

“Disini kita ingin mencontoh berbagai hal tersebut untuk memperkuat penerapan SPBE di Kota Bengkulu ke depannya,” ungkap Bambang.

Agung Hendratno juga menyatakan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Kominfo Kota Bengkulu dalam penguatan SPBE dan kerjasama lainnya.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Kota Bengkulu Puji Digitalisasi Pelayanan Publik Lubuklinggau

Seketaris Diskominfo SP Surakarta Agung Hendratno pu lamgsung menjelaskan berbagi program smart city yang diimplementasikan di Kota Surakarta.

Agung Hendratno juga menyatakan siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Kominfo Kota Bengkulu dalam penguatan SPBE dan kerjasama lainnya.

Agung menjelaskan ada berbagai inovasi dalam memunjang smart city yang diimplementasikan Kota Surakarta diberbagai aspek.

Diantaranya smart ekonomi, disini ada program pembayaran QRIS, kampus UMKM, Digitalisasi pasar tradisional dan lainnya.

“Ada juga smart living, ini sebagai upaya penataan kawasan di Solo. Disini ada program IKM Center Semanggi Harmoni dan lainnya,” ungkap Agung.

Lanjutnya, di era teknologi Diskominfo SP memang dituntut menghadirkan inovasi dalam memudahkan pelayanan di tengah masyarakat berbasi elektronik.

“Untuk smart governance, kita ada program sapu kuwat (layanan kelahiran), bening kekasihku (layanan pernikahan) dan lainnya. Sedangkan terkait SPBE, Kominfo SP memperkuat perencanaan penganggaran dan lainnya,” tambahnya.

Baca Juga :  Pangdam IV/Diponegoro Dampingi Wapres Resmikan Laboratorium Riset Halal

Melalui pertemuan ini, Kabid IKP Kominfo Nugroho Tri Putra berharap berbagai pembelajaran di Kota Surakarta dapat diimplementasikan di Kota Bengkulu.

“Ini pelajaran yang sangat berharga, insya allah semua hal penting tadi bisa kita amati, tiru dan modifikasi ke depannya,” tutur Nugroho.

Ia juga akan berkomunikasi lebih lanjut mengenai tujuan yang telah disampaikan tadi.

“Semua infomasi yang telah disampaikan akan kita gali lebih detail dan dibawa ke Kota Bengkulu,” tutur Nugroho.

Nugroho juga menjelaskan beberapa program Diskominfo dalam menunjang SPBE di Kota Bengkulu.

Antara lain program Call Center 112, Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (Slawe) di Disdukcapil dan beberapa program Pemkot yang dikemas sesuai dengan era digital. (Mc/danis)