Pemko BATAM BP BATAM

Pemkot Bengkulu Berencana Gandeng Mahasiswa Atasi Masalah Sampah

Satujuang.com, Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berencana menggandeng mahasiswa diseluruh Univerisitas di Kota Bengkulu untuk ikut andil mengatasi permasalahan sampah Kota Bengkulu.

Dalam mengatasi permasalahan sampah di Kota Bengkulu, Pemkot Bengkulu melalui DLH sudah melakukan banyak upaya seperti menambah bak kontainer sampah, lahan untuk pembuangan hingga menyiapkan petugas pengangkut sampah ke rumah-rumah warga.

Terus berupaya semaksimal mungkin, sehingga DLH akhirnya berencana menggandeng mahasiswa diseluruh Univerisitas di Kota Bengkulu untuk ikut andil mengatasi permasalahan sampah dengan cara memberikan pengetahuan cara pengelolaan sampah kepada masyarakat melalui para mahasiswa.

Baca Juga :  Cegah Penyebaran Virus Covid – 19, Polres Kaur Bagikan 20 Ribu Masker

“Rencana kita (DLH) yakni menggandeng mahasiswa, kita ajarkan dan edukasi cara mengelola sampah dari mulai memilah hingga pemanfaat sampah yang bisa diolah. Setelah itu para mahasiswa ini nanti akan memberikan edukasi ke masyarakat untuk mengatasi permasalahan sampah serta mengedukasi untuk mengelola sampah yang bernilai ekonomi,” jelas Plt Kadis LH Rusman, Senin (11/01/21).

Baca Juga :  MoU dengan UMB, Wabup BS : Peran Serta Praktisi Pendidikan Penting

DLH juga akan menyiapkan alat pengelola sampah rumah tangga yang diletakkan di kantor DLH dalam upaya mempermudah pengelolaan, serta juga akan memberikan edukasi kepada pelajar dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga tingkat Sekolah Menenngah Atas (SMA).

“Kita siapkan alat pengelola sampah rumah tangga sebagai pilot projek DLH. Tak hanya sampai sini, kita juga akan memberikan edukasi kepada murid TK hingga SMA agar meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan terkait masalah sampah yang kian hari makin membeludak,” tambahnya.

Baca Juga :  Ditetapkan Tersangka, Owner Investasi Bodong (Arisan Online) Ternyata Masih Dibawah Umur

Berdasarkan informasi data yang dimiliki oleh DLH, volume sampah di Kota Bengkulu tergolong tinggi perharinya. Volume sampah dalam sehari bisa mencapai angka 300-320 ton. (Rls)