Camat Ipuh Berharap Anggota Dewan Kawal Hasil Musrembangcam

Musrenbangcam Ipuh dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Ipuh, Selasa (8/2/22).

Mukomuko – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Ipuh, tahun anggaran (TA) 2023 telah usai dilaksanakan.

Musrenbang kali ini dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Ipuh, Selasa (8/2/22).

Tampak hadir, Sekretaris Badan Penelitian pengembangan daerah (Bapelitbangda) Mukomuko, Kasimin, beserta jajaranya, Koordinator TA PMD Mukomuko, Aswanto.

Lalu ada Camat Ipuh, Masyuardi, beserta jajarannya, KUA Kecamatan Ipuh, Rio Smitoa, Kapolsek Mukomuko Selatan, IPTU Firman Syahputra, Danramil -02 Ipuh, Kapten Inf Desmayantos.

Dan Kades dan BPD se-kecamatan Ipuh, tokoh pendidikan dan para undangan lainnya yang sempat hadir dalam acara tersebut.

Sekretaris Bapelitbangda Mukomuko, Kasimin menyampaikan, Musrenbang tingkat kecamatan bertujuan untuk membahas dan menyepakati hasil-hasil musrenbang dari tingkat desa.

Baca Juga :  Penyuluhan di Desa Durian Sebatang, Kapolsek Kedurang Sampaikan Bahaya Narkotika dan Miras

“Hasil musrenbang dari Desa akan dibahas, mana yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan setempat,” ujar Kasimin.

Kemudian membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

“Setelah itu akan diklarifikasi mana yang menjadi prioritas kegiatan pembangunan di Kecamatan,” lanjut Kasimin.

Menurut Kasimin, setelah Musrenbangcam ini nanti masih ada 4 tahapan pembahasan lagi.

Pembahasan akan dilakukan di forum SKPD tingkat Kabupaten, forum konsultasi publik, penajaman prioritas pembangunan/prioritas program dan kemudian Musrenbangkab.

Baca Juga :  Tabrak Pagar Rumah Warga, Pengemudi Mobil Ngacir

“Kalau dijadwalkan sekitar bulan Maret. Terkait apakah semua usulan prioritas dari desa bakal terealisasi nantinya itu adalah tergantung situasi keuangan daerah,” jelas Kasimin.

Kasimin melanjutkan, secara struktural APBD dan amanat Undang-undang juga, dari dana transfer umum daerah 25 % dianggarkan untuk prioritas pembangunan infrastruktur sebesar 25 % itu kisarannya 25 sampai 30 Milyar.

“Itu adalah diluar daripada pembangunan-pembangunan yang telah dianggarkan misalnya dari DAK, ADD dan DD. Yang jelas skala persentasenya adalah 25 %,” lanjutnya.

Kasimin menyebutkan, dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mukomuko, hanya 3 kecamatan yang belum melaksanakan Musrenbangcam yakni Kecamatan V Koto, Selagan Raya dan Air Dikit.

Baca Juga :  Musda KNPI Provinsi, Aten dan Bowo Bersaing

Disisi lain Camat Ipuh, Masyuardi mengatakan, ada beberapa usulan yang jadi  prioritas dalam Musrenbangcam Ipuh.

Usulan itu adalah pembangunan jembatan gantung permanen Sibak – MMC, pengadaan truk sampah, bangunan rumah Dinas Camat dan peralatan lingkungan kantor Camat Ipuh.

”Kita berharap, usulan prioritas baik dari desa maupun kecamatan yang dibahas dalam Musrembangcam ini, bisa diperjuangkan anggota Dewan, tidak hanya ditingkat Kabupaten tetapi juga ditingkat Provinsi dan pusat,” pungkas Camat Ipuh, Masyuardi. (zul)