Menu

Mode Gelap
Dukung Program Nasional, Gubernur Rohidin Gelar Konsolidasi Pertemuan PPL se-Provinsi Bengkulu Kesiapsiagaan Bencana, PMI Bengkulu Gelar Kompetisi Relawan 2024 Tanggapi Keluhan Juru Parkir, Rohidin: Kami Tidak Akan Mengambil Keuntungan dari Masyarakat  Dorong Inovasi untuk Indonesia, PTPP Raih Penghargaan Fortune 100 Laporan Ratusan Kades Langsung Direspon Bawaslu Bengkulu, Masuk Tahap Kajian Awal Tak kunjung Launching, Dewan Mukomuko dr Ferdy Jureli Tinjau Langsung Kondisi RS Pratama Ipuh

Politik

Sebanyak 43 Wilayah Calon Tunggal di Pilkada 2024, Ini Daftarnya

badge-check


Pilkada 2024 (Ilustrasi) Perbesar

Pilkada 2024 (Ilustrasi)

Satujuang– Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia ( RI) mengumumkan sebanyak 43 wilayah yang memiliki calon tunggal pada 2024.

Data ini mencerminkan fenomena yang cukup signifikan dalam perhelatan demokrasi tingkat lokal, mengingat betapa pentingnya sebagai sarana pemilihan pemimpin di berbagai daerah di Indonesia.

Komisioner , Idham Holik mengungkapkan, calon tunggal tersebar di 1 provinsi, 37 kabupaten, dan 5 kota. Data itu dihimpun pada hari akhir pendaftaran , Kamis (29/8/24) pukul 23.59 waktu masing-masing daerah.

KPUD di wilayah-wilayah tersebut telah menggelar sosialisasi ulang pada 30 Agustus hingga 1 September. Kemudian mereka akan kembali membuka perpanjangan waktu pendaftaran pada 2-4 September. Namun, jika sampai perpanjangan pendaftaran berakhir tetap ada satu calon tunggal, akan melanjutkan tahapan.

“Kami sebagai regulator teknis penyelenggaraan , kami punya kewenangan untuk mendorong atau memberikan kesempatan sehingga di satu wilayah agar tidak ada calon tunggal,” ucap Idham dalam jumpa pers di Kantor RI, , Jumat (30/8/24).

Fenomena calon tunggal dalam kerap menimbulkan perdebatan di kalangan politisi, akademisi, serta masyarakat luas. Di satu sisi, ada pandangan bahwa calon tunggal mencerminkan stabilitas dan dominasi politik di suatu daerah.

Namun, di sisi lain, hal ini juga bisa dilihat sebagai indikasi lemahnya kompetisi politik dan kurangnya alternatif pilihan bagi pemilih.

Berikut daftar 43 wilayah yang memiliki calon tunggal di 2024:

Trending di Politik