Malang City Expo 2022 Resmi Digelar

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengangkat salah satu karya peserta.

Kota Malang – Hybrid Event Malang City Expo 2022 yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang mulai digelar.

Wali Kota Malang, Sutiaji, hadir dan meresmikan kegiatan tersebut, Senin (28/3/22).

Gelaran ini yang menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang serta PT Multi Darma Persada ini masuk rangkaian peringatan HUT ke-108 Kota Malang.

Setidaknya ada 50 peserta pameran yang terdiri dari instansi kementerian/lembaga tinggi negara, BUMN, BUMD, pemerintah daerah melalui perangkat daerahnya, pelaku UMKM, IKM, dan UKM, serta lembaga pendidikan tinggi.

“Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk bangkit dan ditunjukkan pada dunia. Kita punya kemampuan, sumber daya alam yang luar biasa, sumber daya manusia yang luar biasa, manusia terampil yang luar biasa,” ujar Sutiaji.

Baca Juga :  Soal Pengangkatan Kembali Plt Kadinkes, Ini Penjelasan Kadis Kominfo

“Ini kalau kita kolaborasikan, dikuatkan dalam sebuah akselerasi potensi-potensi ini akan menjadi katalisator, daya ungkit bagi kita semua untuk bangkit menuju ekonomi yang berdaya, karena kalau kita tidak kuatkan ekonomi mikro, UMKM IKM, maka kita akan menjadi penonton di negeri sendiri,” sambungnya.

Menurutnya, Indonesia hanya sebuah nama, sebuah cita-cita saja. Namun jika mau bangkit dengan bangga terhadap produk dalam negeri, Insha Allah Indonesia akan menjadi salah satu ukuran pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Kepala Diskopindag Muhamad Sailendra mengungkapkan, Malang City Expo ini merupakan salah satu dukungan Kota Malang dalam gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan gerakan berwisata di Indonesia saja.

Baca Juga :  Kota Malang Terima Berbagai Penghargaan, Sutiaji : Ini Kerja Kita Bersama

Selain itu, untuk mendukung promosi dan pemasaran produk UMKM dan industri kecil menengah yang terdampak Covid-19.

Berikutnya adalah meningkatkan kunjungan dan kehadiran wisatawan nusantara di Kota Malang, serta meningkatkan digitalisasi berbagai bidang usaha dan pemasaran produk UMKM di Kota Malang.

“Selain itu, untuk meningkatkan kerja sama promosi antarinstansi daerah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan promosi daerah di tengah pandemi,” imbuh Sailendra.

Malang City Expo ini merupakan kegiatan pameran dimana kita mengundang kementerian, mengundang daerah lain untuk mengenalkan dan mempromosikan Kota Malang

Baca Juga :  555 Lapak Kosong Pasar Johar Baru Disegel Satpol PP

“Baik itu UMKM-nya, produk kreatifnya, juga tempat wisata di Kota Malang. Sekaligus juga untuk meningkatkan aktivitas ekonomi yang saat ini mulai bangkit setelah pandemi,” tutur Sailendra.

Event ini diselenggarakan selama empat hari, 27-31 Maret 2022 di Kartini Imperial Building pukul 10.00-20.00 WIB.

Sailendra mengungkapkan, dalam event ini Kota Malang menampilkan berbagai produk unggulan seperti keripik tempe dan buah, produk herbal, kerajinan, busana.

“Event ini kita lakukan secara hybrid di mana pengunjung atau yang mau beli juga bisa mengakses channel Youtube,” pungkasnya. (dws)