[HOAKS] Bantuan Sebesar Rp3.550.000 Dari BPJS Kesehatan

Satujuang.com – Beredar pesan berantai Whatsapp yang menyatakan bahwa adanya bantuan sebesar Rp3.550.000 kepada mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021.

Dalam pesan berantai tersebut terdapat tautan mengatasnamakan BPJS. Ketika dibuka, tautan itu akan muncul tampilan laman dengan logo BPJS Kesehatan.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa isi pesan berantai tersebut tidak benar dan sudah pernah diperiksa faktanya pada 28 Januari 2021 di turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Tautan Bantuan Sosial Finansial Rp3.550.000 untuk Pekerja tahun 2000-2021.”

Baca Juga :  Menaker : Upah Minimum Pekerja di Indonesia Terlalu Tinggi

Adapun, pihak BPJS Kesehatan sudah memberikan klarifikasinya pada 27 Januari 2021. Dilansir dari kompas.com, Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf memastikan informasi bantuan sosial finansial sebesar Rp 3.550.00 dari BPJS Kesehatan adalah tidak benar alias hoaks.

“Dapat kami pastikan itu hoaks, murni hoaks,” kata Iqbal.

Baca Juga :  Peluncuran Buku "Jalan Presisi Kapolri Jenderal Listyo Sigit"

Iqbal menjelaskan, pihaknya tidak pernah memberikan bantuan berupa bantuan finansial kepada para peserta BPJS Kesehatan, sebagaimana dinarasikan dalam unggahan tersebut.

“BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan-bantuan finansial seperti itu,” kata Iqbal.

Untuk mengetahui informasi resmi terkait BPJS Kesehatan, Iqbal mengimbau masyarakat untuk mengakses website resmi, akun media sosial resmi, atau nomor kontak resmi BPJS Kesehatan.

Baca Juga :  Diduga Nonton Bokep, Anggota DPR PDIP Ini Diperiksa MKD

“Semua informasi terkait BPJS Kesehatan bisa diakses melalui care center 1500 400 atau ke akun medsos resmi BPJS kesehatan dan website resmi BPJS Kesehatan, bpjs-kesehatan.go.id,” kata Iqbal.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut masuk ke dalam kategori Konten Tiruan. (red)