Terpilih Aklamasi, Kades Lubuk Talang Pimpim APDESI Malin Deman

Siswandy, Kades Lubuk Talang Kecamatan Malin Deman Kabupaten Muko Muko saat di kantornya.

Mukomuko – Kepala Desa (Kades) Lubuk Talang Kecamatan Malin Deman Kabupaten Muko Muko secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI) Malin Deman.

Hal itu disampaikan langsung Kades Lubuk Talang, Siswandy, saat ditemui awak media satujuang.com di kantornya, Selasa (21/6/22).

Ia mengatakan, sekarang tugasnya jadi bertambah setelah dirinya terpilih menjadi Ketua APDESI yang berlangsung di Kantor Kecamatan Malin Deman, Minggu (19/6) lalu.

“Mudah-mudahan dengan terbentuknya APDESI Kecamatan ini bisa membawa sesuatu yang bermanfaat bagi daerah Malin deman,” ujar Kades Lubung Talang yang biasa disapa Sis itu.

Baca Juga :  Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Gelar Hearing Bersama Nakes RSMY

Sis mengatakan, wilayah Malin Deman mempuyai sumber daya alam yang sangat besar. Ditambah berbatasan langsung dengan Seblat yang sebagian potensi alamnya belum tergarap.

“Belum lagi tanggung jawab menjaga kelestarian hutan dan hewan di wilayah ini tentulah bukan hal yang mudah,” tutur Sis.

Ia mencotohkan luasnya perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko yang 30 persennya berada di wilayah Kecamatan Malin Deman yang dikelola oleh Perusahaan.

Seperti di Desa Air Merah ada PT Agro Muko, di Desa Air Buluh ada PT Mukomuko Agro Sejahtera (MMAS) dan di Desa Talang Arah ada PT Daria Dharma Pratama (DDP).

Baca Juga :  Kapolres Malang Terjunkan Personel Amankan Perayaan Waisak di Vihara

Kemudian di Desa Lubuk Talang dengan PT DDP AME, lalu di Desa Serami Baru ada PT DDP dan PT Alno Air Ikan dan di Desa Gajah Makmur ada PT Alno Pangeran.

“Perkebunan-perkebunan ini luasnya mencapai puluhan ribu hektar. Belum lagi dari hasil bumi lainnya yang dikelola PT. Bentara Arga Timber (BAT) yang bergerak di bidang perkayuan, HPL nya masuk wilayah ini,” ungkap Sis.

Tetapi sampai saat ini, lanjut Sis, kemajuan daerah Malin Deman masih jauh tertinggal dibandingkan dengan Kecamatan lainnya.

Baca Juga :  Program Kerja TMMD ke 110 -Putussibau Desa Beringin Sambut Gembira

“Dari segi infrastruktur kita masih jauh tertinggal, padahal Malin Deman sangat strategis potensi ekonomi daerahnya, di sini ada potensi batu bara yang belum digarap juga lo,” tandas Sis.

Sis berharap dengan terbentuknya pengurus baru APDESI bisa mempunyai jaringan yang langsung ke pusat.

“Sehingga hal ini bisa langsung kami suarakan ke tingkat pusat. Untuk mewujudkan ini tentunya saya tidak bisa sendirian, harus dibantu kawan kawan Kades lainnya dan masyarakat Malin Deman,” pungkas Sis. (zul)