Pemko BATAM BP BATAM

Dalam Waktu Dekat Pasar Pagar Dewa Akan Direnovasi, Koperasi Gunakan Dana Sendiri

Master plan pembangunan renovasi pasar tradisional Pagar Dewa Kota Bengkulu

Kota Bengkulu – Pengelola Pasar Tradisional Pagar Dewa Kota Bengkulu, Koperasi Bangun Wijaya, dalam waktu dekat akan melakukan renovasi besar-besaran pada bangunan pasar Pagar Dewa.

Disebutkan, renovasi tersebut akan menelan anggaran hingga Milliaran rupiah dengan sumber dana milik Koperasi Bangun Wijaya sendiri, tanpa menggunakan dana dari pemerintah.

Hal ini diungkapkan langsung oleh pimpinan Koperasi Bangun Wijaya, Junaidi, saat ditemui awak media satujuang.com dikediamannya, Kamis (4/8/22).

“Dalam rancangan kita, akan kita bangun sebanyak 540 Kios dan 30 bangunan Rolling Door. Tidak 100 persen dirombak, yang jelas tempat yang kumuh akan kita renovasi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Restorative Justice, Kejari Bengkulu Stop Tuntut Kasus Penganiayaan

Selain itu, kata Junaidi, saluran pembuangan air juga akan diperbaiki sebagus mungkin, demikian juga dengan lahan parkir, juga pada taman yang ada di depan pasar saat ini.

Para pedagang yang menempati tempat berjualan akan diatur sesuai dengan kelompok jenis dagangannya agar rapi dan tidak tercampur aduk.

“Akan diatur dan disusun sesuai jenis dagangan, seperti kuliner nanti ada dua baris di tengah-tengah pasar, tempat sayuran beda, ikan dan daging juga beda,” tambahnya seraya menunjukkan master plan pembangunan.

Baca Juga :  Muda Mudi Antusias Karaoke Singing Competition Jadi Meriah

Pasar juga dirancang menggunakan akses jalan sendiri sehingga tidak mengganggu jalan akses milik masyarakat sekitar pasar.

Selain itu, fasilitas toilet dan fasilitas lain yang dibutuhkan, yang ada saat ini akan direnovasi, dan akan ditambah dengan yang baru.

“Jadi nanti kalau pasarnya bagus, rapi dan nyaman, para pembeli akan semakin banyak yang datang. Dengan demikian tentunya para pedagang juga yang akan menikmati hasilnya, banyak yang datang berarti kan banyak yang beli,” tutur Junaidi.

Baca Juga :  SMSI Apresiasi Diluncurkannya Prangko Bergambar Wajah Dubes RI untuk Ukraina

Menutup keterangan, Junaidi berharap, para pedagang mensupport apa yang sedang Koperasi Bangun Wijaya jalankan, agar proses renovasi selesai sesuai dengan target waktu yang mereka inginkan.

“Kita berharap semua pedagang mensupport rencana kami ini, ini demi kita bersama. Kita sudah banyak memberikan kemudahan selama ini kepada para pedagang, saya rasa yang pernah jualan di lingkar timur pasti tau enaknya jualan disini,” tutupnya. (Red)