Wabup Subandi Pastikan Korban Puting Beliung Dapat Bantuan

Wabup Sidoarjo, Subandi datang meninjau ke lokasi dan memastikan korban yang rumahnya rusak segera mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah.

Sidoarjo – Bencana angin puting beliung beberapa waktu lalu melanda perkampungan padat penduduk di Turisari, Kelurahan Sepanjang Kecamatan Taman, Sidoarjo.

Akibat musibah ini puluhan rumah warga dan lembaga pendidikan porak – poranda.

Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, Subandi datang meninjau ke lokasi dan memastikan korban yang rumahnya rusak segera mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah (pemda).

Oleh mantan Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo itu, pihak pemerintah desa bersama BPBD Sidoarjo diminta mendata jumla rumah warga yang rusak agar segera mendapatkan penanganan, Minggu (6/3/22).

Di lokasi, Wabup yang akrab disapa Abah Bandi itu menyampaikan, di Kecamatan Taman ini masih banyak warga prasejahtera yang luput dari pantauan, beban berat tersebut ditambah dengan terjadinya bencana angin puting beliung.

Baca Juga :  Gus Muhdlor Ubah Lahan Bekas TKD Jadi Bosem dan Kolam Pancing

“Ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah untuk mensupport warganya yang terkena dampak sosial. Kalau hari ini, korban dampak sosial sudah terdata semua, hari Senin besok semua material harus sudah ada di rumah korban terdampak,” tuturnya.

Abah Bandi menambahkan bahwa ini baru pertama kalinya beliau datang ke Kecamatan Taman, dan menemukan masih banyak warga yang rumahnya kurang layak.

“Ini harus menjadi perhatian, bedah rumah nantinya bisa di alokasikan disini, ini lebih tepat,” lanjutnya.

Wabup menuturkan, kepala desa terutama pak Camat sebagai pembina, harus mampu memetakan kebutuhan masyarakatnya.

Baca Juga :  Bupati Muhdlor : Kegiatan Keagamaan Tetap Berjalan Syaratnya Menjaga Prokes

“Sinergitas harus dibangun, dari Dinas, Bupati – Wakil Bupati, hingga pemerintahan paling bawah, jangan pernah lelah untuk berperan serta membantu masyarakat yang kurang mampu,”paparnya.

Di lokasi yang sama Abah Bandi bertemu dengan korban bencana ini, dimana terdapat sekeluarga yang sakit.

Seorang ibu yang tidak dapat melihat karena mengalami Glaukoma, serta anaknya yang terkena Katarak dan tidak ada biaya untuk berobat.

Disana Abah Bandi mengintruksikan perangkat desa yang hadir untuk membantu agar warga tersebut didata melengkapi administrasinya agar segera mendapatkan penanganan secara medis.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Pak Wabup karena sudah peduli kepada warga, dan atas bantuan yang telah diberikan, yakni berupa material dan sembako,” tutur perwakilan perangkat desa.

Baca Juga :  Soal Pengangkatan Kembali Plt Kadinkes, Ini Penjelasan Kadis Kominfo

Setelah meninjau lokasi korban angin puting beliung, Abah Bandi menuju rumah ketua RW setempat, melakukan koordinasi terkait warganya yang terdampak puting beliung.

Selain meninjau korban puting beliung, Abah Bandi juga menyempatkan untuk hadir di acara MWCNU Taman, yang bertempat di Masjid Al Ihsan.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan temuannya terkait warga kurang mampu dan korban bencana.

Abah Bandi mengingatkan pentingnya kerjasama antara pemerintah dan warga agar dapat saling bantu.

Sebagai penutup, beliau juga menyampaikan pentingnya menjaga keutuhan NKRI dari paham radikalisme. (Arjun)