Pemko BATAM BP BATAM

Kunjungi Desa Wisata Belitar Seberang, Sandiaga Uno : Luar Biasa

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat penandatanganan prasasti di Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong.

Bengkulu – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Desa Belitar Seberang Kabupaten Rejang Lebong.

Dalam kunjungan Sandiaga Uno didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi.

Saat tiba, rombongan langsung disambut tarian persembahan adat Rejang Lebong, Selasa (2/8/22).

Usai meninjau produk industri kreatif UMKM Gula Aren di Desa Wisata Belitar Seberang, rombongan langsung menuju Air Terjun Trisakti dan Air Terjun Puspa Dewi.

Kedua Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Di mana Air Terjun Trisakti memiliki suhu dingin sedangkan Air Terjun Puspa Dewi memiliki suhu yang panas.

Rombongan juga mendapatkan kejutan dengan pembentangan poster raksasa bergambar Menparekraf Sandiaga Uno oleh tim panjat tebing Desa Belitar Seberang tepat di atas air terjun.

“Saya hanya bisa menyatakan dua kata saja, Luar Biasa!” ujar Sandiaga Uno saat melihat air terjun Belitar Seberang.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Bengkulu Utara Dengarkan Jawaban Eksekutif

Desa Wisata Belitar Seberang merupakan desa ke 24 yang dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno.

Ia pun bertekad untuk memperkenalkan semua desa wisata tidak hanya untuk turis lokal namun juga internasional.

“Ini desa ke 24 yang saya kunjungi, karena kita berkomitmen kepada seluruh desa wisata yang masuk 50 nominasi pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 saya akan berkunjung,” kata Sandiaga Uno.

Sandiaga juga menyempatkan membuat konten saat dilokasi.

“Saya ingin mempromosikan agar desa wisata Belitar Seberang bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan nusantara tetapi juga wisatawan mancanegara,” terang Sandiaga.

Terkait dengan dukungan Kemenparekraf kepada Desa Wisata Belitar Seberang, Sandiaga menyebutkan akan mendukung penuh diantaranya dengan dukungan dana serta promosi.

Baca Juga :  Kapolda Bengkulu Secara Khusus Tegaskan Kepada Anggota Bid Propam Untuk Memahami Tupoksinya

“Kami akan melakukan pelatihan, pendampingan, terus membangun kemitraan. Kami akan menciptakan konten – konten untuk mempromosikan, kami juga akan membawa pembiayaan – pembiayaan Pokdarwis,” jelas Menparekraf.

Menutup kunjungannya, Sandiaga mengumumkan akan membuat sayembara nama kedua air terjun ini yang diterima paling lambat bulan Oktober 2022.

“Karena ini milik semua maka saya akan membuka sayembara penamaan dari dua air terjun yang bersatu. Jadi kita akan buka sampai akhir Oktober di mana kita finalkan ADWI dan pemenang dari nama air terjun ini akan diumumkan saat puncak acara ADWI di kantor Gedung Sapta Pesona,” tutup Sandiaga.

Untuk diketahui, Desa Wisata Belitar Seberang berhasil masuk ke dalam nominasi 50 besar nasional sebagai Desa Wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang digelar oleh Kemenparekraf.

Baca Juga :  Pemerintah Tetapkan Aturan Yang Dilonggarkan Saat Pembukaan Bertahap PPKM 26 Juli Mendatang

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa – desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian dari Kemenparekraf/Baparekraf.

Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu, Gubernur Rohidin menyampaikan rasa syukur dan bahagia, Bengkulu dikaruniai objek wisata, tidak saja sejarah tetapi juga alam yang luar biasa.

Salah satunya adalah air terjun Trisakti Desa Belitar Seberang, kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang.

“Desa Belitar Seberang Rejang Lebong siap menjadi destinasi yang mendunia,” jelas Gubernur Rohidin usai menyerahkan piagam penghargaan Kepada kepala SPN Polda Bengkulu.

Selain itu, Gubernur juga memberikan hadiah berupa motor kepada Desa Belitar Seberang yang menjadi juara pada Lomba Desa Wisata Provinsi Bengkulu 2022. (red)