Gus Muhdlor Targetkan April Mulai Normalisasi Saluran Kawasan Banjir  

Pengerjaan normalisasi saluran disejumlah lokasi yang masuk dalam kawasan daerah rawan banjir.

Sidoarjo – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) menargetkan awal April sudah mulai pengerjaan normalisasi saluran disejumlah lokasi yang masuk dalam kawasan daerah rawan banjir.

Ada 40 titik saluran yang akan dinormalisasi di tahun anggaran 2022 oleh Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkab Sidoarjo.

Proyek normalisasi rata dilakukan mulai dari Kecamatan Tarik hingga Kecamatan Waru. Terutama yang masuk dalam prioritas seperti kawasan yang sering terjadi banjir saat musim hujan.

“Normalisasi akan kita kebut targetnya awal April bulan depan sudah mulai dikerjakan,” ujar Gus Muhdlor, Selasa, (22/3/22) usai membuka rapat RKPD Tahun 2023 di Aston Hotel Sidoarjo.

Baca Juga :  Bentar Lagi Bayar PBB di Kota Bengkulu Jadi Makin Mudah

Normalisasi ke wilayah Kecamtan Waru yang masuk dalam prioritas tahun ini yaitu normalisasi saluran di Desa Tambak Sawah.Di kawasan ini sering terjadi banjir rutin tiap tahun.

Untuk mengurai permasalahan banjir menahun di kawasan itu akan dilakukan normalisasi seperti yang selama ini diusulkan Pemerintah Desa Tambak Sawah dan warganya.

“Sudah dilakukan pemetaan saluran mana saja yang masuk prioritas untuk dilakukan normalisasi tahun ini, normalisasi akan dilakukan setiap tahun terutama di kawasan yang rawan banjir,” terangnya.

Masih di Kecamatan Waru, normalisasi akan dilakukan pada saluran Jl. Nusantara samping Masjid Al Islah yang mengarah ke saluran Tropodo Jaya, Desa Tropodo.

Baca Juga :  Wabup Malang Hadiri HUT Ke-8 RPU Puncak Kesatriyan 388

Kawasan ini juga masuk prioritas karena tiap tahun langganan banjir.

Di wilayah Gedangan saluran yang akan dinormalisasi yakni saluran Desa Gedangan sampai dengan Desa Semambung. Kemudian saluran Desa Ketajen.

Kedua saluran itu sudah lama tidak dilakukan normalisasi, akibatnya terjadi pendangkalan.

Masih di wilayah Sidoarjo utara, Kelurahan Wonocolo Kecamatan Taman akan dilakukan normalisasi pada Saluran Kalimir.

Normalisasi dimulai dari saluran yang melewati RT. 2,3,4,5,9,12 dan 14. Kawasan ini juga sering mengalami banjir.

Kepala Bidang Irigasi dan Pematusan PU BM SDA Rizal Asnan menyampaikan, saat ini proyek normalisasi sudah masuk proses perencanaan dan awal triwulan II atau April sudah mulai proses pengerjaannya.

Baca Juga :  Kementerian PPN/Bappenas Setujui 29 Usulan Pembangunan Gubernur Rohidin

“Tahap sekarang sudah masuk perencanaan, awal April mulai dikerjakan seperti yang ditargetkan Pak Bupati,” terang Rizal.

Rizal mengatakan pihaknya sudah memetakan saluran mana saja yang masuk prioritas dikerjakan tahun ini.

“Totalnya ada 40 titik saluran yang akan kita normalisasi tahun ini. Termasuk normalisasi saluran di Kelurahan Ngelom, Taman,” ujar Rizal.

Sedangkan wilayah Sidoarjo barat, tepatnya di Kecamatan Prambon juga akan dinormalisasi. Saluran yang dinormalisasi tahun ini yakni saluran RT. 8 RW. 2 Desa Kedungwonokerto.

Kemudian di Kecamatan Tulangan yakni saluran di Desa Kepadangan. Sedangkan di  Kecamatan Jabon saluran yang akan dinormalisasi yakni saluran Desa Tambak Kalisogo. (AH/RED)