Wali Kota dan DPRD Setujui Raperda Perubahan RPJMD Kota Batu 2017-2022

Asmadi SP, DPRD Kota Batu bersama, Hj. Dewanti Rumpoko, Wali Kota Batu, Punjul Santoso, Wakil Wali Kota Batu, menandatangani persetujuan bersama Raperda Perubahan RPJMD 2017-2022.

Kota Batu – DPRD Kota Batu bersama Wali Kota Batu menandatangani persetujuan bersama Raperda Perubahan RPJMD 2017-2022.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Punjul Santoso, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, Forkopimda, perwakilan dari BUMD dan BUMN serta seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Batu.

Membuka acara, Juru Bicara DPRD, Didik Mahmud, menyampaikan pendapat DPRD mengenai Raperda perubahan RPJMD, Jumat (18/3/22).

Baca Juga :  Satpol PP Sidak Kantor Walikota dan DPRD

Didik menjelaskan bahwa perubahan ini karena adanya Pandemi.

Perubahan itu antara lain karena adanya pemilihan umum serentak pada 2024, berubahnya kebijakan nasional, berlakunya Permendagri tentang sistem informasi daerah dan klasifikasi dan kodefikasi serta pemutakhiran pembangunan dan daerah. Namun yang terutama adalah karena adanya Pandemi.

Baca Juga :  Walikota Helmi Hasan Siapkan Kendaraan Operasional Bantu Penyebaran Al-Quran

Dari 27 usulan yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022, 17 usulan masih tetap dipertahankan, 3 usulan sudah ada DED-nya.

Sedangkan tujuh usulan tidak dimasukkan perubahan karena tidak bisa dilaksanakan pada tahun 2022 serta 5 usulan untuk dimasukkan ke perubahan RPJMD 2017-2022.

Kemudian ada 2 usulan dari APBD untuk RPD 2023-2025.

Baca Juga :  Gubernur Rohidin Minta Penerima Zakat Harus Benar-benar Yang Membutuhkan

Dewanti Rumpoko, usai menandatangani Nota Persetujuan Bersama berharap koordinasi antara legislatif, yudikatif dan eksekutif bisa semakin baik.

“Semoga terbangun keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan,” ujarnya.

Dewanti juga menjelaskan bahwa Perda Perubahan RPJMD 2017-2022 akan segera disampaikan ke Pemprov Jatim agar dapat dievaluasi dan diselaraskan. (diskominfo/dws)