Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Pembukaan Masa Persidangan ke- I Tahun Sidang 2021

Satujuang.com – DPRD Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pembukaan Masa Persidangan ke- I Tahun Sidang 2021 dan Laporan Badan Musyawarah (Banmus) tentang Rencana Materi dan Jadwal Kegiatan Rapat Paripurna,di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Selasa (5/1/21).

Sidang Paripurna diawal tahun 2021 ini,dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Provinsi Bengkulu Ihsan Fajri dan juga dihadiri oleh Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri untuk mewakili Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Usai pembukaan Masa Persidangan ke I Tahun 2021, dilanjutkan dengan Laporan Badan Musyawarah (Banmus) tentang Materi dan Jadwal Kegiatan Rapat Paripurna Masa Persidangan Ke – I Tahun Sidang 2021.

“Untuk lengkap dan jelas hasil rapat dan musyawarah dewan, kami persilakan kepada juru bicara Badan Musyawarah untuk menyampaikan laporan,” sampai pimpinan sidang.

Baca Juga :  H Zainal S.Sos M.Si : SE Gubernur Bengkulu Sudah Tepat

“Dengan mempedomani peraturan tata tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Pasal 24 Ayat 1 huruf b, bahwa badan musyawarah (Banmus) mempunyai tugas menetapkan agenda rapat Paripurna DPRD Provinsi untuk satu tahun masa sidang,” sebut Irwan Eriadi, selaku juru bicara Banmus.

Setelah melalui pembahasan dan pertimbangan baik waktu maupun materi yang akan dimasukan di dalam masa persidangan ke- I tahun sidang 2021, maka dalam rapat badan musyawarah pada 5 Januari 2021, badan musyawarah sepakat terhadap materi dan jadwal rapat masa persidangan ke- I tahun sidang 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan dan penetapan materi dan jadwal kegiatan rapat paripurna DPRD Provinsi Bengkulu dan rapat lainnya masa persidangan ke- I tahun sidang 2021.
  2. Laporan lainnya soal penetapan materi dan jadwal masa persidangan ke- I tahun sidang 2021.
  3. Lanjutan pembahasan Raperda usulan Gubernur Bengkulu masing-masing tentang:
  • Perubahan Perda Provinsi Bengkulu Nomor 2 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Bengkulu Tahun 2012-2032.
  • Pengelolaan barang milik daerah.
  • Raperda tentang Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  • Perubahan atas Raperda Provinsi Bengkulu Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.
  • Perubahan status badan hukum Perusahaan Daerah (PD) Bimex Bengkulu menjadi Perusahaan Perseroan Daerah Bimex Bengkulu.
  1. Pembahasan Raperda usulan Gubernur Provinsi Bengkulu tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.
  2. Menjaring aspirasi masyarakat ke daerah pemilihan masing-masing masa persidangan ke- I tahun sidang 2021.
  3. Penyampaian Gubernur Bengkulu Tahun Anggaran 2020.
  4. Pengesahan risalah rapat paripurna DPRD Provinsi Bengkulu masa persidangan ke- III tahun sidang 2020.
  5. Dan lain-lain yang dianggap perlu.
  6. Penutupan masa persidangan ke- I tahun 2021.
Baca Juga :  Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Tolak Hibahkan Mess Pemda

“Demikian laporan Badan Musyawarah DPRD Provinsi Bengkulu dalam rangka penetapan materi dan jadwal rapat paripurna DPRD Provinsi Bengkulu masa persidangan ke- I tahun sidang 2021,” tutup Irwan.

Setelah disampaikannya Materi dan Jadwal Rapat Paripurna Masa Persidangan ke -I Tahun 2021 oleh Banmus,seluruh anggota Dewan Provinsi Bengkulu menyatakan setuju atas materi dan jadwal Rapat Paripurna untuk dilaksanakan.

Baca Juga :  Rapat Perubahan Pimpinan Sempat Menegang, Berikut Susunan DPRD Karimun 2022

“Dengan telah disetujuinya materi dan jadwal kegiatan Rapat Paripurna Masa Persidangan Ke I Tahun Sidang 2021, maka kami sampaikan dan umumkan agar dapat diketahui dan dipedomani tentang Materi dan Jadwal pembahasan Rapat Paripurna Masa Persidangan Ke I Tahun Sidang 2021,” sampai Ihsan Fajri, sembari menutup sidang.(Adv)