Polda Jateng Jamin Kenyamanan Warga di Hari Raya Nyepi

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Mapolda Jateng.

Semarang – Kepolisian Daerah Jawa Tengah memberikan jaminan bagi umat Hindu yang merayakan Nyepi yang beraktivitas pada liburan dalam rangka hari raya Nyepi pada Kamis (3/3/22).

Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyatakan, Polda Jateng sudah melaksanakan sejumlah langkah agar kegiatan masyarakat pada libur perayaan Nyepi berjalan lancar.

“Jajaran Polda Jateng hingga ke tingkat Polres sudah melakukan langkah-langkah preventif maupun preemtif menyesuaikan karakteristik kerawanan daerah masing-masing,” kata Kabidhumas, Rabu (2/3).

Baca Juga :  Pangdam IV/Diponegoro :  KORPRI  Pahami Job Description Untuk Lebih Profesional  

Guna memperlancar pelaksanaan ibadah umat Hindu di Jawa Tengah, Polda Jateng memerintahkan jajaran di wilayahnya untuk meningkatkan patroli dan melakukan pengamanan baik secara terbuka maupun tertutup di tempat-tempat ibadah serta objek wisata.

Polda Jateng juga mengedepankan fungsi Bhabinkamtibmas dengan melakukan pendekatan serta komunikasi kepada tokoh agama, tokoh daerah atau masyarakat dan kelompok pemuda ataupun ormas lainnya.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi, Danjen Kopassus Kunjungi Kapolda Jateng

“Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat selalu menjaga toleransi kerukunan antar umat beragama, tidak terpancing provokasi yang memecah belah serta tidak mudah mempercayai dan membagikan hoax yang beredar,” jelas Iqbal.

Selain memberi kenyamanan warga yang beribadah, kegiatan kepolisian yang dilakukan selama libur perayaan Hari Raya Nyepi juga bertujuan mencegah adanya gangguan kamtibmas, sehingga kegiatan masyarakat pada hari libur dapat berjalan lancar.

Baca Juga :  Balita Ditemukan Meninggal di Kamar Hotel, Diduga Dibunuh Ibunya

“Kegiatan patroli serta pengamanan terbuka maupun tertutup ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas baik dalam bentuk aksi teror ataupun aksi kejahatan lainnya,” tutupnya. (had)