Pemko BATAM BP BATAM

Jelang Seleksi Sekda Mukomuko, Projamin : Kadis Pertanian Paling Mumpuni

Ketua LSM Projamin Kabupaten Mukomuko, Nurul Huda

Mukomuko – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mukomuko merilis berita terbentuknya Panitia Seleksi Calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko.

Disebutkan, sudah ada juga para pejabat tinggi yang mendaftar untuk ikut berkompetisi sebagai Calon Sekda Mukomuko.

Sekda merupakan jabatan untuk orang nomor satu dikalangan profesi Aparatur Sipil Negara.

Tentunya yang berani tampil ikut seleksi adalah sosok-sosok birokrat yang sudah matang, berwibawa, menguasai ilmu manajerial, kepemimpinan, ilmu keuangan dan tentunya secara akademis juga tidak diragukan lagi keilmuannya.

Oleh karena, seorang Sekda nantinya yang mengkoordinir komunikasi dan percepatan kinerja serta mendorong inovasi setiap kepala perangkat daerah.

Baca Juga :  Ormas Front Pembela Rakyat Salurkan Bantuan Sosial di Binduriang

Pada satu sisi, Sekda juga menjadi Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah dalam penyusunan APBD sehingga harus mampu mengakomodasi antara kepentingan eksekutif dan legislatif.

Jika tidak, maka progress pelaksanaan pembangunan juga akan mengalami perlambatan seperti saat ini.

Akhirnya Pemerintah Daerah hanya menjalankan program program rutinitas tanpa ada terobosan dan inovasi untuk peningkatan kemajuan daerah maupun peningkatan pelayanan dasar masyarakat.

Kepada awak media, Ketua LSM Projamin Kabupaten Mukomuko, Nurul Huda juga ikut menyorot hal ini.

“Seorang sekretaris daerah itu harus sosok yang mumpuni, pejabat yang sudah berpengalaman memimpin Organisasi Perangkat Daerah,” ujar Huda, Sabtu (6/8/22).

Baca Juga :  Gubernur Rohidin Membuka Rapat Evaluasi dan Advokasi Implementasi Perpres dan Peraturan Kemendagri

Selain itu, lanjutnya, Sekda harus mampu merangkul semua perangkat daerah, mampu untuk mengkoordinasikan lintas organisasi perangkat daerah dan sosok yang benar benar memahami keuangan dan leadership.

Tak kalah penting, sosok tersebut harus mampu menjalankan konsep mewirausahakan birokrasi, sehingga birokrasi didaerah ini benar benar produktif.

Sehingga ke depan dapat menghasilkan income pendapatan bagi daerah yang pada akhirnya diwujudkan kembali untuk pembangunan daerah.

“Jika seorang sekda dipilih oleh Bupati melalui hasil Seleksi Pansel hanya berdasarkan kedekatan karena saudara atau mantan pendukung saat Pilkada, yang akan terjadi ya seperti ini,” sindir Huda.

Baca Juga :  Satgas TMMD Ke 111 Kodim 0904/Paser Berterima Kasih Kepada Warga Yang Memberikan Tempat Tinggal

Ia mengungkap, saat ini organisasi Pemda hanya berjalan menjalankan rutinitas tanpa konsep yang jelas.

“Mau diarahkan kemana dan mau dijadikan apa daerah ini? belum tergambar sama sekali dari pengamatan kami,” tandas Nurul lagi.

Nurul Huda pun menyampaikan secara objektif, menurutnya, sosok yang pantas menjadi Sekda Mukomuko adalah Apriansyah, yang saat ini menjabat Kadis Pertanian Mukomuko.

“Memang benar benar telah teruji kemampuannya. Bukan kaleng kaleng,” yakin Nurul Huda penuh semangat. (red/zul)