Pemko BATAM BP BATAM

Gusnan Mulyadi : Jonior Hafis Adalah Birokrat Terbaik di Daerah Ini

Foto kenangan Bupati Gusnan Mulyadi (kanan) bersama Almarhum Jonior Hafis dalam sebuah kegiatan

Bengkulu Selatan  – Bengkulu Selatan berduka atas wafatnya salah satu sosok Aparatur Sipil Negara terbaik yang ada di Bumi Sekundang Setungguan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Bengkulu Selatan, Ir H Jonior Hafis MP tutup usia pada Rabu pagi (11/5/22).

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengenang sosok Jonior Hafis sebagai salah satu putra terbaik di Bengkulu Selatan.

“Beliau adalah birokrat terbaik di daerah ini, abdi Negara yang telah membaktikan diri untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan,” Ujar Gusnan dalam keterangan di akun sosial medianya.

Jonior Hafis telah banyak menorehkan prestasinya sebagai salah satu birokrat yang dikenal realistis dalam berfikir dan teguh dalam pendirian. Salah satu karya beliau yang nyata terlihat adalah Taman Kota dan Bus Pelajar yang merupakan capaian Almarhum untuk memintanya dari Kementerian Perhubungan.

Baca Juga :  Curi Kambing, Dua Pemuda Ditangkap Polisi

“Banyak cerita banyak kenangan, beliau salah satu guru saya, yang mengajari saya banyak hal terutama di bidang kehutanan, saya sangat sering diskusi dengan beliau, beberapa ide dan rangkaian kegiatan bersama beliau kami pernah lakukan ke UGM, membawa anak-anak pelatihan ke Jawa Timur, mengenalkan SAKIP, soal PLTA kami punya cerita sendiri, soal Kehutanan beliau Buku Berjalannya,” ungkap Gusnan saat mencoba mengenang sosok Jonior Hafis.

Baca Juga :  Massa Demonstran Minta Dugaan Kasus Korupsi di Kaur Diungkap

Dalam riwayat karirnya di birokrasi Pemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan, Jonior Hafis sebelum menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beliau adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sebagai Kepala DLHK beliau dikenal sebagai sosok pempimpin yang bertanggung jawab, dan tidak segan untuk terjun langsung ke lapangan bersama dengan bawahannya dalam melaksanakan pekerjaan.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa hari sebelum meninggal, beliau masih mendampingi petugas kebersihan untuk merapikan tanaman hias di ruas jalan Jendral Sudirman Manna.

Secara administrasi kepegawaian, Jonior Hafis termasuk ke dalam golongan birokrat senior dan telah malang melintang di sistem Kepemerintahan Kabupaten Bengkulu Selatan, beliau adalah termasuk salah satu ASN di Kabupaten Bengkulu Selatan yang akan segera memasuki masa purna tugas di tahun ini. Namun, belum sempat mengecap masa istirahat dalam pensiunnya, beliau telah lebih dulu dipanggil oleh Allah SWT.

Baca Juga :  2 Mucikari Diamankan Polda Bengkulu

Selepas dimakamkan di TPU Maria Affan Kota Manna, dan Bupati Gusnan Mulyadi, Wakil Bupati Rifa’i Tajuddin, Sekretaris Daerah Sukarni dan Jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Pada malam Kamis (11/5/22) mengikuti acara Takziah yang dilaksanakan di rumah duka kediaman Almarhum di Jl. Ahmad Yani Kelurahan Ibul. (Red/Adv)