Menu

Mode Gelap
Polisi Cegah Tawuran di Kebon Jeruk Jakbar, 5 Remaja Diamankan Berikut Sajam Maroon 5 Konser di Jakarta, Ini Detail dan Tanggal Penjualan Tiket Si Manis, Harimau Sumatera Betina Ditemukan Mati di Medan Zoo Apel Pemenangan RK-Suswono di Golkar DKI Dipenuhi Ribuan Massa Pendukung Dipanggil ‘Mulyono’, Ini Reaksi Presiden Jokowi saat Kunjungi Pasar Dukuh Kupang Tips Cara Memulihkan Foto dan Video yang Terhapus di Android dan iPhone

SJ News

Fraud Layanan Kesehatan, BPJS Perkirakan Kerugian Capai 20 Triliun

badge-check


Fraud Layanan Kesehatan, BPJS Perkirakan Kerugian Capai 20 Triliun Perbesar

Fraud Layanan Kesehatan, BPJS Perkirakan Kerugian Capai 20 Triliun

Satujuang- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menegaskan bahwa klaim adanya potensi kerugian Rp 20 triliun akibat fraud tidak hanya merujuk pada lembaga tersebut, tetapi mencakup seluruh sektor layanan kesehatan.

Deputi Bidang Komunikasi Organisasi BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, menjelaskan bahwa angka tersebut merupakan estimasi potensi kecurangan di bidang kesehatan secara umum dan bukan hanya terkait program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Komitmen BPJS Kesehatan dalam menerapkan sistem pencegahan, pendeteksian, dan penanganan fraud melalui Tim Pencegahan Kecurangan JKN,” ujar Irfan.

Tim ini melibatkan berbagai organisasi, termasuk BPJS Kesehatan, Komisi Pemberantasan (), dan perwakilan dari organisasi kesehatan lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua , Alexander Marwata, mengingatkan pentingnya tata kelola yang akuntabel dan transparan dalam pengelolaan iuran peserta JKN.

“Pengelolaan yang tidak berintegritas dapat menyebabkan penyalahgunaan dana, mengurangi kepercayaan publik, dan mengancam kesinambungan program JKN di masa depan,” imbuh Alexander.

Alex juga mencatat bahwa fraud di bidang kesehatan dapat mencapai 10 persen dari total pengeluaran, setara dengan Rp 20 triliun.

Ia mengidentifikasi beberapa praktik curang, seperti manipulasi data peserta dan layanan medis yang tidak diperlukan, yang sering terjadi di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.(Red/kompas)

Trending di SJ News