Pemko BATAM BP BATAM

Tarif Parkir Pasar Pagar Dewa Naik, Ini Penjelasan Pihak Koperasi

Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu

Kota Bengkulu – Pengelola Pasar Pagar Dewa Kota Bengkulu, Koperasi Bangun Wijaya, menetapkan tarif baru untuk biaya parkir kendaraan.

Terhitung bulan Agustus 2022, untuk kendaraan roda dua dikenai biaya Rp. 2000 dan roda empat Rp. 4000 per sekali parkir.

Kebijakan ini diambil oleh pihak Koperasi, guna membantu biaya pengembangan pasar yang telah direncanakan oleh mereka selama ini.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Pasar Pagar Dewa, Marhan, ketika ditemui dikediamannya, Kamis (4/8/22).

“Benar, jadi kami berlakukan tarif baru untuk biaya parkir. Ini kita lakukan sekarang agar masyarakat tidak kaget nantinya. Saat selesai dipugar nanti, masyarakat sudah terbiasa dengan tarif yang sudah kami tentukan,” terangnya.

Baca Juga :  Soroti Pengelolaan Dana Desa, DPD LIRA Mukomuko Minta Keterbukaan

Terkait besaran biaya parkir tersebut, Marhan mengatakan itu tidak melanggar peraturan yang ada.

Karena, kata dia, lahan parkir pasar Pagar Dewa murni hak penuh pengelolaan Koperasi, dasarnya adalah pajak parkir bukan pajak retribusi seperti halnya parkir di pinggir jalan.

“Kita sistemnya sama seperti Mall dan Bandara, jadi kita bayar pajak ke pemerintah daerah dengan persentase yang sudah ditentukan. Beda status lahan tentu beda aturan yang dipakai,” bebernya.

Baca Juga :  DPRD Kota Bengkulu Sidak PT.Indomarco, Budiono Akui 72 Gerai Belum Miliki Izin

Lebih lanjut Marhan menjelaskan, kenaikan tarif ini tentunya juga mereka imbangi dengan pelayanan yang diberikan kepada para pembeli yang datang.

“Sekarang lebih rapi, kendaraan disusun dengan serapi mungkin. Bayar parkir di satu tempat yaitu di pintu keluar tidak sama seperti dulu yang tidak teratur,” ungkapnya.

Kedepan, kata Marhan, pengelolaan parkir pasar Pagar Dewa akan menggunakan sistem elektronik seperti halnya yang ada di Mall atau Bandara.

“Nanti kita akan pasang alatnya, jadi nanti akan semakin rapi dan tersistem dengan baik,” imbuhnya.

Baca Juga :  Terkunci Stang, Motor Warga Bengkulu Raib Dicuri

Ditempat berbeda, Pemilik Koperasi Bangun Wijaya, Junaidi, berharap para pembeli dan pedagang mendukung apa yang sedang direncanakan oleh Koperasi Bangun Wijaya.

Karena, kata dia, pasar Pagar Dewa dalam waktu dekat akan di bangun dan dirombak menjadi pasar yang lebih luas, tertata rapi, modern dan tentunya memberikan kenyamanan.

“Kita akan rombak, sehingga para pembeli dan pedagang merasa nyaman jika bertransaksi di pasar Pagar Dewa yang kita cintai ini. Semua ini kita lakukan untuk kebaikan bersama,” tutupnya. (Red)