Pemko BATAM BP BATAM

Pemindahan Perkantoran Pemkot Bengkulu Ditargetkan Mulai Tahun Ini

Satujuang.com – Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu untuk memindahkan perkantoran kewilayah kelurahan Pekan Sabtu sepertinya akan benar-benar dilaksanakan.

Hal tersebut dikuatkan dengan pernyataan Walikota Helmi Hasan saat memimpin pertemuan dengan para pimpinan/perwakilan perusahaan se-Kota Bengkulu bersama TP2KB di balai kota, Selasa (2/3/21).

Wilayah baru tersebut dinamai olehnya dengan sebutan kota merah putih. Dikatakan oleh Helmi, disana ada lahan 18 hektar milik Pemda, dekat dengan bandara, dekat jalan tol, bebas banjir dan aman kalau terjadi tsunami.

“Dalam waktu dekat program kita akan membuat kota baru yang diberi nama kota merah putih. Pemda punya lahan 18 hektar. Kota baru itu nanti akan melibatkan seluruh dunia usaha. Kita akan memulai dengan membangun kantor walikota di sana,” ujar Helmi.

Baca Juga :  Mobil Dinas Pakai Plat Nomor Hitam Terjaring Razia

Dimulai dengan pembangunan kantor walikota kemudian akan disusul dengan pembangunan infrastruktur lainnya. Helmi Hasan juga membuka peluang kepada perusahaan yang ingin membantu pembangunan infrastruktur di lahan tersebut, baik dalam bentuk bantuan CSR atau dalam bentuk investasi.

Dikatakan Helmi, pihak pengusaha dipersilahkan membangun mall, hotel, tempat hiburan bahkan perumahan dengan ketentuan perumahan yang dibangun harus level menengah ke atas. Alasannya karena di wilayah pusat kota merah putih itu harus betul-betul tertata tidak acak-acakan.

Baca Juga :  Pemkot Bengkulu : Pemanfaatan dan Pengelolaan Aset Pantai Panjang Sepenuhnya Kewenangan Pemprov Bengkulu

“Bersama bapelitbang sudah dibuat RT/RW. Di sekitar pusat kota itu nanti tidak boleh membangun perumahan menengah ke bawah tapi perumahan menengah ke atas. Agar kotanya tertata tidak acak acakan. Boleh membangun hotel di sana tapi hotel menangah ke atas. Ingin membangun tempat hiburan di sana juga boleh. Bangun rumah ibadah juga boleh. Insya Allah target kita tahun ini kita mulai dan 2022 sudah terlihat bentuknya. Jalan jalan akan kita bangun, drainase lebar, kabel ditanam dalam tanah,” jelas Helmi.

Dengan pernyataan tersedianya 18 Hektar lahan milik Pemda di kelurahan Pekan Sabtu, pembangunan yang akan dilaksanakan disana masih kekurangan luas lahan sebesar 46 Hektar jika mangacu pada hasil Rapat Lanjutan Pembahasan Raperda RTRW Kota Bengkulu tahun 2020-2040, Senin (15/02).

Baca Juga :  Dewan Provinsi : Selamat Atas Dilantiknya Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah

Dalam rapat tersebut diuraikan mengenai rencana kebutuhan perkantoran zona inti seluas 54 Hektar. Rencana kebutuhan tersebut dipergunakan untuk Kantor Walikota seluas 4 Hektar, Masjid Agung 2 Hektar, Balai Kota 4 Hektar, Rumah Jabatan Wakil Walikota, Sekda dan Pimpinan DPRD seluas 3 Hektar, Mess DPRD 1 Hektar, Guest House 6,5 Hektar, Gedung BCC 2 Hektar, Workshop 3 Hektar, Kantor OPD yang belum terakomodir di Kawasan Perkantoran Bentiring 22 Hektar dan RTH seluas 13,5 Hektar. (red)