Bupati Malang Lepas Keberangkatan Mahasiswa KSM UNISMA

KSM Unisma Malang

Malang – Bupati Malang Drs.H.M Sanusi M,M  hadir pada acara Pemberangkatan Peserta Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) Tematik Periode Semester Gasal Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Islam Malang (UNISMA).

Acara pelepasan itu dilakukan secara daring melalui zoom meeting di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang pada Sabtu (5/2/22).

Turut hadir langsung Rektor Universitas Islam Malang, para Wakil Rektor UNISMA, Kepala Biro dan para Dekan di Lingkungan UNISMA, Civitas Akademika serta para Mahasiswa/i UNISMA.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Bupati menyambut baik dan menyampaikan apresiasi tinggi kepada Keluarga Besar UNISMA yang pada tahun ini kembali melaksanakan program KSM Tematik.

Bupati Malang menilai, pelaksanaan KSM Tematik ini merupakan sumbangsih yang begitu berarti bagi masyarakat dan sangat strategis maknanya.

Program ini sebagai salah satu terobosan yang juga dilakukan dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah Pusat untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM.

Baca Juga :  Bogor dan Aceh Jadi Target Lokasi KKN UIN Bengkulu 2022

Hal ini sekaligus juga menunjukkan bahwa kepedulian segenap jajaran akademisi UNISMA terhadap pembangunan pendidikan, telah berjalan sinergis dengan Pemerintah.

“Untuk itu pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar UNISMA, semoga ke depan semakin sukses dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” tutur Bupati Malang.

Lebih lanjut, pelaksanaan KSM, tentu akan sangat bermanfaat sebagai modal dasar bagi para mahasiswa ketika terjun di dunia kerja.

Dengan bekal pengalaman mengabdi selama masa KSM, insyaallah para mahasiswa nantinya juga akan semakin terbuka wawasan dan jiwa inovasinya.

Ilmu yang diperoleh selama masa kuliah pasti akan bermanfaat. Tetapi, dalam praktek di lapangan, terkadang membutuhkan kecerdasan, ketangkasan dan kemampuan analitis berbasis kondisi lingkungan, dimana hal ini belum tentu diperoleh di bangku perkuliahan.

Baca Juga :  Puan Maharani Resmikan Jalan Dr Ir Soekarno

Bupati berharap kepada para mahasiswa peserta KSM Tematik, agar pelaksanaan KSM Tematik ini nantinya tidak hanya sekadar untuk menyelesaikan tugas akhir saja.

Namun juga dapat dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dengan panggilan hati, dan dengan keikhlasan untuk mengabdi.

Karena sejatinya ada hal yang sangat penting dari pelaksanaan kegiatan seperti ini, yaitu bagaimana mengupayakan keberlanjutan program KSM Tematik itu sendiri.

“Sehingga dampaknya bagi masyarakat juga positif dan manfaat perubahannya juga dapat dirasakan secara berkesinambungan,” harap Bupati Malang.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini Bupati mengajak kepada para mahasiswa agar dapat menggali semua potensi yang dimiliki.

Sehingga ketika lulus nanti benar-benar siap terjun di masyarakat, dan sudah memiliki skill serta mampu memenuhi kompetensi 4C yakni Creativity, collaboration, communication dan critical thinking.

Baca Juga :  Pengadaan Alkes Fiktif Senilai 30 Milyar di Bongkar Polda Jatim

Terakhir, nantinya mahasiswa dapat memberikan motivasi kepada masyarakat, misalnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bisa melalui pengembangan home industry, pengembangan pariwisata, pengembangan teknologi tepat guna, penyuluhan maupun edukasi kepada petani, peternak dan nelayan.

Termasuk menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pemeliharaan lingkungan, serta pada bidang-bidang strategis lainnya.

”Mahasiswa dan mahasiswi sekalian mampu secepatnya beradaptasi dengan suasana kehidupan dan kondisi lingkungan masyarakat setempat, junjung tinggi adat dan kebiasaan yang menjadi norma dalam masyarakat, agar terjalin hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan masyarakat,” pesan Bupati

“Jaga nama baik almamater UNISMA, serta yang utama adalah kembangkan potensi yang ada di daerah sesuai disiplin ilmu yang dimiliki, sehingga kehadiran saudara sekalian benar-benar mampu membawa manfaat bagi masyarakat,” pungkas Bupati Malang. (dws)