Menu

Mode Gelap
Dukung Program Nasional, Gubernur Rohidin Gelar Konsolidasi Pertemuan PPL se-Provinsi Bengkulu Kesiapsiagaan Bencana, PMI Bengkulu Gelar Kompetisi Relawan 2024 Tanggapi Keluhan Juru Parkir, Rohidin: Kami Tidak Akan Mengambil Keuntungan dari Masyarakat  Dorong Inovasi untuk Indonesia, PTPP Raih Penghargaan Fortune 100 Laporan Ratusan Kades Langsung Direspon Bawaslu Bengkulu, Masuk Tahap Kajian Awal Tak kunjung Launching, Dewan Mukomuko dr Ferdy Jureli Tinjau Langsung Kondisi RS Pratama Ipuh

Politik

Soal UU Pilkada, KPU: Kami Akan Menindaklanjuti Putusan MK

badge-check


Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin Perbesar

Ketua KPU RI, Mochammad Afifuddin

Satujuang– Komisi Pemilihan Umum () memastikan, akan menindaklanjuti hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) berkaitan dengan UU 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua RI, Mochammad Afifuddin di , Kamis (22/8/24). “Tidak ada perubahan sikap dari dibandingkan yang disampaikan pada 20 Agustus 2024 kemarin usai putusan MK terkait UU terbit”, ucap Afifuddin.

“Jadi kami ulang lagi, kalau pertanyaannya apakah menindaklanjuti putusan MK, kami tegaskan menindaklanjuti putusan MK,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Afifuddin menjelaskan, untuk memenuhi tertib prosedur maka pihaknya perlu menempuh konsultasi terlebih dahulu dengan pembentuk Undang-Undang pemerintah dan DPR.

“Kenapa konsultasi? kami punya pengalaman ada putusan MK dalam proses , putusan 90 yang saat itu dalam perjalannya. Kemudian kami tindak lanjut tetapi konsultasi tidak sempat dilakukan lantara satu hal lainnya,” ucap Afifuddin.

Pasalnya, berdasarkan Putusan MK Nomor 92/PUU-XIV/2016, wajib menempuh konsultasi dengan DPR dan pemerintah sebelum menerbitkan PKPU. Pada putusan lain MK tahun 2017, Mahkamah memutus hasil rapat konsultasi tersebut tidak mengikat bagi .

Diketahui, permintaan konsultasi terkait tindak lanjut Putusan Mahkamah Konstitusi soal UU 2024 sudah dilayangkan sejak Rabu (21/8/24). Sementara itu, pendaftaran calon kepala daerah akan dibuka pada 27-29 Agustus 2024 mendatang. (AHK)

Trending di Politik