Kurang Dari Sebulan Polres Pemalang Amankan 378 Knalpot Brong

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo pimpin konferensi pers pelanggaran kendaraan dengan knalpot brong.

Pemalang – Penindakan pelanggaran kendaraan bermotor dengan menggunakan knalpot brong yang dilakukan Satlantas Polres Pemalang kurang dari sebulan.

Sejak dimulainya kegiatan razia pada, Jumat (14/1/22) telah menindak 378 knalpot yang tak sesuai standart (brong).

Hal tersebut di ungkap saat konferensi pers di Kantor Satlantas Polres Pemalang, Senin (6/2).

Kapolres Pemalang, AKBP Ari Wibowo mengatakan, knalpot brong tersebut diamankan oleh petugas dari sejumlah 378 pengendara yang melakukan pelanggaran di jalan protokol wilayah Kabupaten Pemalang.

Baca Juga :  Pembinaan PKK Kecamatan Ipuh Dihadiri Tim PKK Kabupaten Mukomuko

“Kepada pelanggar, petugas mengedepankan upaya persuasif dan humanis dalam memberikan edukasi tentang larangan penggunaan knalpot brong,” kata Kapolres.

Setelah diberikan imbauan dan edukasi dari petugas, Kapolres Pemalang mengatakan, seluruh pelanggar dengan sukarela mencopot dan mengganti knalpot brong dengan knalpot standar.

“Usai mencopot knalpot brong secara sukarela, para pelanggar menandatangani berita acara penyerahan knalpot,” kata Kapolres.

“Kemudian, para pelanggar juga membuat surat pernyataan untuk tidak menggunakan knalpot brong,” imbuh Kapolres.

Baca Juga :  Gerombolan Maling Besi Puluhan Juta di Pemalang Dibekuk Polisi

Kapolres Pemalang mengatakan, para pelanggar mendapatkan sanksi tilang sesuai pasal 285 ayat 1 jo pasal 106 ayat 3 Undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Barang bukti knalpot brong yang telah diamankan selanjutnya dimusnahkan dengan cara dipotong,” kata Kapolres.

Kapolres Pemalang mengharapkan, upaya penindakan pelanggaran knalpot brong dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas, dan mewujudkan kamseltibcarlantas yang kondusif di Kabupaten Pemalang.

“Mohon hindari penggunaan knalpot brong, karena selain mengganggu kenyamanan lingkungan, juga dapat mengakibatkan hilangnya konsentrasi pengguna jalan lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas,” pesan Kapolres.

Baca Juga :  Desa Tanjung Dalam Laksanakan Kegiatan Titik Nol Rabat Beton

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengapresiasi dan mendukung penuh upaya Polres Pemalang dalam penindakan knalpot brong di Kabupaten Pemalang.

“Pemerintah daerah bersama seluruh Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama dan komunitas motor sangat mendukung penindakan knalpot brong di Kabupaten Pemalang,” kata Bupati.

“Semoga kedepan dapat tercipta kamseltibcar yang aman dan kondusif di Kabupaten Pemalang,” imbuh Bupati. (had)