Kedepan Polsek Tidak Lagi Mengurusi Penegakan Hukum

Satujuang.com – Perubahan fungsi kerja Polsek menjadi salah satu program 100 hari pertama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si. Untuk itu Polri tengah memulai eksekusi program tersebut.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol Sudarno S.Sos, MH., mengataan, berdasarkan paparan Kapolri menyampaikan, nantinya tugas Polsek tidak lagi mengurusi penegakan hukum. Namun, lebih fokus kepada penjagaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Sehingga ke depan di beberapa Polsek-Polsek tertentu tidak lagi kita bebankan dengan tugas penyidikan, sehingga di Polsek-Polsek tersebut nantinya hanya dibebani tugas preemtif dan preventif dan juga penyelesaian-penyelesaian masalah dengan restorative justice.

Baca Juga :  Sepuluh Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 Kembali Tiba di Indonesia

“Nantinya tugas penegakan hukum akan ditangani satuan Kepolisian tingkat Polres. Dengan begitu, Polri dapat semakin dekat dengan masyarakat mulai dari satuan Polsek,” Jelas Kabid Humas Rabu (3/2/21).

Kapolri berharap program tersebut dapat berjalan dengan baik. Terlebih, satuan Kepolisian tingkat Polsek dan Polres pada dasarnya merupakan lini terdepan pelayanan Polri.

Baca Juga :  Pengaturan Lalin Pagi Wujud Polsek Pakis Berikan Layanan Masyarakat

“Polsek di era ke depan akan lebih dekat dengan masyarakat karena mereka melakukan upaya-upaya yang bersifat pencegahan. Upaya pemecahan masalah dengan musyawarah, dengan kegiatan yang bersifat restorative justice, dan hal-hal yang tentunya mengutamakan kegiatan-kegiatan yang menghindari penegakan hukum,” tutup Kabid Humas Mengutip Kapolri.

Baca Juga :  Ma'ruf Amin Targetkan Pada 2024 Indonesia Jadi Produsen Produk Halal Terbesar

 

sumber : tribratanewsbengkulu.com