Menu

Mode Gelap
Dukung Program Nasional, Gubernur Rohidin Gelar Konsolidasi Pertemuan PPL se-Provinsi Bengkulu Kesiapsiagaan Bencana, PMI Bengkulu Gelar Kompetisi Relawan 2024 Tanggapi Keluhan Juru Parkir, Rohidin: Kami Tidak Akan Mengambil Keuntungan dari Masyarakat  Dorong Inovasi untuk Indonesia, PTPP Raih Penghargaan Fortune 100 Laporan Ratusan Kades Langsung Direspon Bawaslu Bengkulu, Masuk Tahap Kajian Awal Tak kunjung Launching, Dewan Mukomuko dr Ferdy Jureli Tinjau Langsung Kondisi RS Pratama Ipuh

Edukasi

Kenapa Air dan Minyak Tidak Bisa Bercampur? Ternyata Ini Penjelasannya

badge-check


Kenapa Air dan Minyak Tidak Bisa Bercampur? Ternyata Ini Penjelasannya Perbesar

Kenapa Air dan Minyak Tidak Bisa Bercampur? Ternyata Ini Penjelasannya

Satujuang- Air dan minyak adalah dua zat cair yang tidak bisa bercampur. Fenomena ini disebabkan oleh perbedaan sifat kimia dari keduanya.

Air merupakan molekul polar, yang berarti memiliki muatan positif di satu ujung dan muatan negatif di ujung lainnya.

Molekul-molekul air saling menarik satu sama lain melalui ikatan hidrogen, yaitu tarikan antara ujung positif dari satu molekul dengan ujung negatif dari molekul lainnya.

Sebaliknya, minyak adalah molekul nonpolar yang tidak memiliki distribusi muatan yang tidak merata seperti air.

Molekul minyak tidak memiliki ujung positif atau negatif, sehingga tidak dapat membentuk ikatan hidrogen dengan molekul air.

Akibatnya, molekul minyak tidak tertarik pada molekul air dan malah ditolak oleh mereka. Fenomena ini membuat minyak dan air tidak bisa bercampur.

Ketika minyak ditambahkan ke dalam air, minyak akan mengapung di atas permukaan air karena lebih ringan dari air. Ini menciptakan lapisan minyak di atas air dan menjelaskan mengapa kedua zat ini tetap terpisah.(Red/kompas)

Trending di Edukasi