KPU Tetapkan Pemilu Serentak Pada 14 Februari 2024

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra

Bengkulu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu menggelar acara nonton bersama secara daring,  Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 yang dilakukan oleh KPU RI, Senin (14/2/22).

Acara yang diselenggarakan di Halaman Kantor KPU Provinsi Bengkulu ini dihadiri para Stakeholder, Perwakilan Partai Politik dan Organisasi Media di Bengkulu.

Dalam penyampaiannya, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra mengatakan, waktu Pemilihan Umum tahun 2024 sudah ditetapkan KPU RI yakni tanggal 14 Februari 2024.

Baca Juga :  Libur Lebaran Wisatawan Mulai Padati Bali, Kapolri Minta Prokes Diperketat

“Bersama-sama telah kita saksikan bersama secara daring, yang baru ditetapkan KPU RI adalah hari pemungutan suara serentak untuk pemilihan Presiden dan Legislatif,” ujar Irwan.

Irwan melanjutkan, sedangkan jadwal penetapan program dan tahapan untuk Pemilu 2024 masih dalam pembahasan.

“Tahapan itu seperti kapan waktu pendaftaran calon anggota legislative, penentuan Dapil dan lain-lain belum di tetapkan. Sekali lagi, baru hari pemungutan suara saja yang baru ditetapkan,” jelas Irwan.

Baca Juga :  Walikota Helmi Hasan Percepat Penataan Alun-Alun Berendo

Irwan memperkirakan, penetapan tahapan Pemilu itu selambat-lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Kalau di tarik mundur, berarti pada bulan Juni 2022 ini, tahapan Pemilu harusnya sudah ditetapkan,” tandas Irwan.

Untuk Partai Politik yang memiliki wakil di Senayan, akan menjalani proses administrasi, sedangkan yang tidak, misalnya partai baru, ujar Irwan, akan mengikuti tahapan verifikasi admin dan juga faktual.

“Jadi di bulan Desember 2022 atau 14 bulan sebelum hari pemungutan suara, nanti sudah ada penetapan Partai Politik peserta Pemilu 2024,” kata Irwan.

Baca Juga :  ASN dan PTT DPUPR Kota Bengkulu Menjalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

Lebih lanjut Irwan berharap dukungan dari perusahaan media dengan semaksimal mungkin, seperti yang pernah dilakukan pada Pemilu tahun 2020 lalu.

“Saat 2020, berkat bantuan dari media, KPU Provinsi Bengkulu berhasil menempati urutan kedua dalam sosialisasi penyelanggaraan Pemilu 2020 di bawah Sulawesi Utara,” pungkas Irwan. (red)