Menu

Mode Gelap
Dukung Program Nasional, Gubernur Rohidin Gelar Konsolidasi Pertemuan PPL se-Provinsi Bengkulu Kesiapsiagaan Bencana, PMI Bengkulu Gelar Kompetisi Relawan 2024 Tanggapi Keluhan Juru Parkir, Rohidin: Kami Tidak Akan Mengambil Keuntungan dari Masyarakat  Dorong Inovasi untuk Indonesia, PTPP Raih Penghargaan Fortune 100 Laporan Ratusan Kades Langsung Direspon Bawaslu Bengkulu, Masuk Tahap Kajian Awal Tak kunjung Launching, Dewan Mukomuko dr Ferdy Jureli Tinjau Langsung Kondisi RS Pratama Ipuh

Edukasi

Perawatan Khusus Batik, Tips dari Kolektor dan Seniman Dave Tjoa

badge-check


Batik Perbesar

Batik

Satujuang- Batik adalah kain yang perawatannya membutuhkan perhatian khusus. Merawat batik dengan benar adalah kunci untuk menjaga keindahan dan kualitasnya.

Dave Tjoa, seorang kolektor dan seniman batik, menegaskan pentingnya menggunakan lerak atau deterjen khusus batik untuk mencuci batik tulis baru karena dirancang khusus untuk melindungi warna batik agar tidak cepat pudar.

Dave menjelaskan bahwa meskipun deterjen khusus mempermudah proses pencucian, batik yang terbuat dari bahan alami masih memerlukan perawatan ekstra karena warna alami lebih mudah luntur jika tidak dirawat dengan benar.

Untuk batik tua, perawatannya jauh lebih kompleks. Dave mengingatkan bahwa pencucian batik tua harus dilakukan dengan sangat hati-hati, termasuk saat memeras atau membuang air dari kain.

Selain itu, menjemur batik tua juga memerlukan perhatian khusus. Batik tua harus dijemur di tempat teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung, karena paparan matahari dapat menyebabkan warna batik memudar.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah perawatan yang tepat, batik akan tetap awet dan mempertahankan keindahan serta kualitasnya selama bertahun-tahun.

Perawatan yang baik tidak hanya menjaga keawetan batik, tetapi juga mencerminkan apresiasi terhadap seni dan kerajinan batik sebagai bagian dari warisan budaya yang berharga.(Red/antara)

Trending di Edukasi