Apa Penyebab Dengkul Sering Sakit ?

Foto Ilustrasi

Satujuang – Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, dengkul sakit juga bisa memicu rasa nyeri yang tak tertahankan. Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan meluruskan kaki dan kaki terasa kaku serta lemah.

Akibatnya, Anda akan sulit berdiri karena lutut tidak mampu menopang tubuh. Penyebab Dengkul Sakit ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan dengkul sakit, di antaranya :

1. Cedera ACL

Anterior cruciate ligament (ACL) adalah jaringan penghubung antartulang yang menghubungkan tulang kering ke tulang paha. Cedera ACL menyebabkan dengkul terasa sakit, bengkak, dan lemah, sehingga penderitanya akan sulit menopang tubuh.

Cedera ini biasa dialami oleh atlet sepak bola, basket, atau olahraga lain yang melakukan gerakan pada kaki secara tiba-tiba, misalnya berhenti atau berbalik arah secara mendadak.

Baca Juga :  HUT ke 53 Provinsi Bengkulu, Polres Mukomuko Gelar Serbuan Vaksinasi Polri Presisi

2. Fraktur

Fraktur atau patah tulang yang terjadi pada tulang di dengkul juga bisa menyebabkan dengkul sakit. Patah tulang di bagian dengkul ini dapat disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas atau terjatuh.

Penderita osteoporosis memiliki risiko lebih tinggi mengalami patah tulang. Hal ini karena berkurangnya massa dan kepadatan tulang yang dialami penderita osteoporosis membuat tulangnya sangat rapuh dan mudah patah.

3. Tulang rawan robek

Tulang rawan lutut yang terletak di antara tulang kering dan tulang paha dapat robek ketika memutar lutut secara tiba-tiba saat melakukan aktivitas berat, misalnya olahraga atau panjat tebing. Robekan tulang rawan juga bisa memcu rasa sakit dan pembengkakan di dengkul.

Baca Juga :  Januari 2021 Positif Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta Lebih

4. Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu bantalan di sekitar sendi yang melindungi sendi dari gesekan saat bergerak. Bursitis menyebabkan dengkul terasa sakit, kemerahan, dan bengkak.

5. Peradangan tendon dengkul

Peradangan tendon dengkul menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan berjalan, menendang, berlari, dan melompat. Tendon merupakan jaringan penghubung antara otot dan tulang. Tendon yang meradang kerap dialami para atlet, misalnya atlet sepak bola atau tenis.

6. Dislokasi tempurung dengkul

Dislokasi tempurung dengkul adalah kondisi bergesernya tempurung dengkul dari posisi normal, sehingga menyebabkan rasa sakit yang berat di area lutut.

Saat dislokasi terjadi pada tempurung dengkul, penderitanya akan merasa atau mendengar seperti bunyi ‘klik’ di area dengkulnya. Selain itu, bentuk dengkul yang mengalami dislokasi dan yang sehat juga akan tampak berbeda.

Baca Juga :  Polres Batu Genjot Vaksinasi Anak Guna PTM 100%

7. Radang sendi (arthritis)

Arthritis atau radang sendi bisa terjadi di sendi mana pun, termasuk dengkul. Peradangan di dengkul bisa menyebabkan rasa sakit, panas, dan bengkak.

Ada berbagai jenis arthritis, tetapi yang umum menyebabkan dengkul sakit adalah osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan penyakit asam urat.

8. Kelebihan berat badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan berhubungan dengan osteoarthritis. Kelebihan berat badan menambah beban dengkul dalam menopang tubuh dan memicu terjadinya gesekan antartulang, sehingga terjadi peradangan di sendi. (Alodokter)