Walikota Helmi – Bupati Benteng – Bupati Seluma Bertemu Bahas TPA

Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Bupati Kabupaten Benteng Ferry Ramli, Bupati Kabupaten Seluma Erwin Octavian duduk bersama membahas rencana pembangunan TPA.

Bengkulu –  Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Bupati Kabupaten Benteng Ferry Ramli, Bupati Kabupaten Seluma Erwin Octavian duduk bersama membahas rencana pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) regional di desa semidang, Kabupaten Benteng.

Pertemuan ini berlangsung di ruang kerja walikota, guest house Berendo, Senin (21/3/22).

Selain itu, tiga kepala daerah tersebut juga membahas rencana kota baru (kota merah putih) di pekan sabtu dan penyaluran air dari kabupaten benteng.

Berbagai masukan dan saran pun tak terlewatkan dari perbincangan 3 kepala daerah demi melancarkan rencana yang telah dicanangkan 2 kabupaten dan 1 kota tersebut.

Baca Juga :  KNPI Kabupaten Kepahiang Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

“Bupati benteng punya gagasan bagaimana ada TPA regional, Bupati Benteng dan tokoh masyarakat disana juga sudah musyawarah, kurang lebih lahannya 20 hektare,” ucap Helmi.

Helmi mengatakan pertemuan dengan Pemkab Benteng merupakan kali kedua yang melibatkan Pemkab Seluma.

“Ini pertemuan kedua kali dengan melibatkan kabupaten seluma. Kita bicara untuk mendorong progres TPA regional. Nanti, kita (Kota Bengkulu), Benteng, Seluma yang mendapatkan manfaatnya apabila ini cepat terealisasi,” tambahnya.

Helmi bersama Bupati Benteng dan Seluma akan melakukan koordinasi dengan Gubernur, dengan harapan dapat fasilitasi dan mempercepat realisasi TPA serta mengatasi masalah sampah.

Baca Juga :  Plt Bupati Beni Hernedi Lantik 74 Kades

Ditempat yang sama, Bupati Benteng Ferry Ramli mengungkapkan, pertemuan ini dalam rangka permasalah sampah dan beberapa hal penting lainnya.

“Ini sengaja kami kumpul 3 kepala daerah. Kita disini menyikapi masalah sampah yang sangat memumpuk. Kalau saya dari kota mau ke benteng sampah itu berserakan, jadi kita sikapinya dengan pembuatan TPA, kami menyiapkan lahan. Setelah itu, akan disampaikan ke gubernur dan diusulkan ke kementerian,” ungkap Ferry.

Rencana ini, kata Ferry ialah untuk menyikapi permasalahan sampah dalam jangka panjang.

“Ini jangka panjang ya, nanti kita punya TPA sendiri. Selain itu, pertemuan ini juga membahas masalah penyaluran air dari benteng ke kota maupun seluma, ini niat baik kita untuk masyarakat,” jelas Ferry.

Baca Juga :  Paripurna DPRD BS, Pengumuman Dan Pengusulan Pemberhentian Bupati Dan Wakil Bupati

Terkait hal ini, Bupati Seluma Erwin Octavian sangat mendukung rencana yang disampaikan Walikota dan Bupati Benteng.

“Kita sangat mendukung terkait masalah TPA, kota baru, penyaluran air minum dan hal ini juga untuk menunjang ke depannya,” ujar Erwin.

Dalam pertemuan ini hadir juga Sekda Kota Bengkulu Arif Gunadi, Sekda Benteng Edy Hermansyah, Sekda Seluma Hadianto dan beberapa Kepala OPD terkait. (Adv)