Pemko BATAM BP BATAM

Polres Sumbawa Barat Gelar Lomba ‘Barapan Kebo’ Peringati HUT Bhayangkara

AKBP Heru Muslimin, S.I.K., M.IP. sedang menaiki pacuan kuda

Sumbawa Barat – Menyemarakkan HUT Bhayangkara ke 76 Tahun 2022, Kepolisian Resort Sumbawa Barat mengadakan lomba Barapan Kebo memperebutkan Kapolres Cup.

Untuk info, Barapan Kebo atau Balapan Kerbau ini merupakan tradisi suku Samawa (Masyarakat asli Sumbawa) yang dilakukan pada saat musim tanam tiba untuk memudahkan petani menanam padi dikarenakan sawah petani umumnya berjenis tanah liat.

Barapan Kebo kali ini dilakukan pada Minggu, (26/6/22)  pukul 09.00 Wita di sirkuit barapan kebo Bentiu Lingkungan Kota Baru Kelurahan Dalam, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Lomba barapan kebo tersebut bertema Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Nonton Formula E

Sebagai penanggungjawab kegiatan ini adalah Kapolres Sumbawa Barat,  AKBP Heru Muslimin.

Lomba itu dihadiri oleh Bupati Sumbawa Barat, H W. Musyafirin, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin, sekretaris daerah Amar Nurmansyah dan Kepala Dinas Pariwisata & Pemuda Olahraga KSB Sumbawanto.

Dalam lomba, dibuka dengan penampilan tarian Sumbawa dari SDN Telaga Bertong, penyerahan piagam penghargaan oleh Kapolres Sumbawa Barat kepada Sapaudin pemilik Kerbau Tertua (Bintang Anugrah).

Ketua Panitia Barapan Kebo menyampaikan, dalam rangka memeriahkan Hut Bhayangkara ke 76 tahun ini kita melaksanakan perlombaan barapan kebo.

Hal ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan dalam penunjukan sebagai ketua panitia yang mana dalam kegiatan ini sekaligus momentum Polri mendekatkan diri kepada masyarakat.

Baca Juga :  Polres Lombok Barat Ringkus 5 Terduga Pemakai Sabu

Dari laporan panitia sebanyak 200 pasang kerbau yang ikut serta dalam ajang barapan kebo yang berasal dari Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat.

“Saat ini event Moto GP berada di Lombok dan Event MXGP berada di Sumbawa serta tidak kalah menarik adalah event barapan kebo berada di Kabupaten Sumbawa Barat,” ujarnya.

Kapolres Sumbawa Barat sekaligus membuka perlombaan barapan kebo menyampaikan, tugas pokok kami adalah sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Apabila dalam pelaksanaan tugas ada kekurangan dalam kesempatan hari ini, pihaknya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

“Momentum pada hari ini sangat luar bisa dilihat dari peserta yang mengikuti sangat luar biasa, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk kepentingan masyarakat dan untuk masyarakat,” kata Kapolres.

Baca Juga :  Bukan Penikmat Kopi Jika Belum ke Cafe Coffe Depop Taliwang

Ini merupakan suatu kebanggan, lanjut Kapolres dalam event ini bisa mendekatkan diri langsung dengan masyarakat

“Apabila dalam pelaksanaan tugas ke depan masih ada kesalahan diharapkan masyarakat dapat memberikan teguran kepada kami,” ujarnya.

Setelah sambutan, dilakukan penampilan perdana barapan kebo oleh Kapolres Sumbawa Barat. Pukul 10.30 Wita perlombaan barapan kebo dimulai.

Dari masing-masing juara perlombaan barapan Kebo Kapolres Cup akan ditandingkan kembali pada hari Senin, 26 Juni 2022 pukul 10.00 Wita, sekaligus pemberian hadiah kepada juara di masing-masing kelas. (fitra).