Muatan ODOL Akan Ditindak

Pengecekan muatan angkutan mobil espedisi

Jeneponto – Satlantas Polres Jeneponto akan menindak pelanggaran angkutan Over Dimension Over Load (ODOL).

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Jeneponto, AKP Syaharuddin, dalam mendisplinkan angkutan kelebihan dimensi dan muatan.

“Kami akan tetap melakukan penegakan hukum untuk mencegah agar tidak terjadi kecelakaan dan kemacetan serta masalah lantas lainnya,” kata Kasat.

Baca Juga :  Tim Kesehatan XII/Tanjungpura Gelar Posyandu Lansia di Lokasi TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak

Tujuannya, sambung Kasat, untuk melindungi pengguna jalan lainnya dan mewujudkan lalu lintas yang berkeselamatan, tertib dan lancar.

“Pelanggaran itu bukti ketidakpedulian akan keselamatan berlalu lintas,” tuturnya.

Menurutnya, penegakan hukum ini perlu kerjasama semua pihak, termasuk pengusaha agar angkutan barang memenuhi standar keamanan.

Baca Juga :  Pernyataan Sikap KAHMI Wilayah Terkait Penusukan Ketua Panwascam Seluma Utara

“Sangat perlu kesadaran dan kerja sama antara para pengusaha angkutan barang atau espedisi, dengan kami (Polisi). Kami juga sudah berkordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Jeneponto,” ucapnya

Kasat berpesan kepada pelaku usaha truk agar ikut menciptakan budaya keselamatan berkendara khususnya truk angkutan barang ekspedisi.

Baca Juga :  Ketua SMSI di Harlah PMII: NU dan PMII Konsisten Perangi Paham Radikalisme

Himbauan juga berlaku untuk angkutan bus, agar tidak menyimpan barang penumpang di atas badan bus.

“Taati aturan dan standar keselamatan, peduli dan utamakan selamat, semua itu dibangun atas dasar kesadaran, tanggung jawab dan disiplin,” pungkas AKP Syaharuddin. (sattu)