Kolaborasi Pemprov Bengkulu Dan Korem 041 Gamas Dalam Karya Bakti TNI

Rohidin Mersyah Dan Brigjen Yanuar Adil Tinjau Lokasi Pembangunan

Satujuang.com – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama Danrem 041 Brigjen Yanuar Adil meresmikan Karya Bakti TNI, pembangunan tanggul sungai di Desa Sukarami Kecamatan Air Nipis di Bengkulu Selatan, Senin (25/1/21).

Pemerintah Provinsi Bengkulu terus menjalin kolaborasi dengan berbagai instansi. Salah satunya bersama TNI di Komando Resort Militer (Korem) 041 Garuda Emas, kolaborasi terjalin dalam program TMMD dan juga Karya Bakti TNI.

“Berbeda dengan TMMD, kalau Karya Bakti, target waktunya lebih flexibel. Pembangunan bronjong ini, sempat ada kendala, tetapi berkat bahu membahu, bergotong royong dengan masyarakat, maka bisa selesai,” apresiasi Danrem 041 Brigjen Yanuar Adil.

Brigjen Yanuar Adil Saat Diwawancarai

Dilanjutkan oleh Yanuar, Kolaborasi dengan TNI tidak hanya pada pembangunan infrastruktur saja, TNI juga siap dalam pemberdayaan masyarakat dalam segala bidang.

Baca Juga :  Elak Sapi, Truk Muatan Pakan Tabrak Warung Kaur Tengah

“Soal mitigasi bencana misalnya, mengingat Bengkulu merupakan daerah yang rawan bencana karena berada di garis lempengan rawan gempa. Termasuk infrastruktur yang bersama-sama kita perbaiki ini kan karena bencana, untuk itu mari jaga keseimbangan alam,” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, TNI siap mensuport pemerintah Daerah apabila akan diadakan kembali Kegiatan Karya Bakti.

“Semua kita suport, jadi kalau ada kegiatan karya bakti kita siap melaksanakan,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Rohidin Mersyah mengapresiasi hasil dari kinerja masyarakat dan seluruh instansi yang berkolaborasi yang mau turut serta dalam membangun daerah.

Rohidin Mersyah Saat Diwawancarai

Gubernur membeberkan bahwa sejak awal pembangunan infrastruktur strategis sudah di rancang Pemprov bersama dengan pihak TNI, dengan konsep menumbuhkan sinergitas yang bisa mengikutsertakan keterlibatan masyarakat.

Baca Juga :  Lagi, Pengedar Narkoba Curup Ditangkap

“Kita ada beberapa yang memang betul betul sejak awal kita desain bersama keluarga besar TNI, terkait dengan jalan infrastruktur strategis yang bisa melibatkan masyarakat.
Jadi memang kegiatan pembangunan fisik yang bisa disinergikan dalam bentuk partisipasi gotong royong masyarakat itu akan kita kedepankan pola pola itu,” beber Rohidin.

“Nah ini contohnya pembangunan Bronjong ini sangat produktif, masyarakat bisa ikut terlibat bekerja langsung, kemudian ada sinergitas dengan TNI, hasil pembangunannya jauh lebih bagus bisa-bisa volumenya jadi lebih besar dari anggaran yang kita dapatkan.

Dilanjutkan oleh Gubernur, bahwa Pemprov sedang merancang program pembuatan beberapa titik ruas jalan yang akan menghubungkan Bengkulu dengan Provinsi tetangga.

Baca Juga :  Gubernur NTB : Pemahaman Literasi Keuangan Penting Untuk Bangun Kemandirian Bisnis
Penandatanganan Oleh Gubernur Bengkulu

“Kita memprogramkan beberapa titik ruas yang sekarang sedang dirancang oleh BAPEDA, KESBANGPOL dan pihak TNI, yaitu terutama jalan yang menghubungkan dengan Provinsi tetangga, kemudian tahun ini mungkin ada ruas tertentu yang akan mulai kita kerjakan.

Lebih lanjut, Gubernur mengatakan bahwa dirinya optimis kerjasama yang terjalin dengan TNI, dapat menyelesaikan target program pembangunan ruas jalan penghubung yang akan dilaksanakan kedepan.

“Ini akan berlanjut sampai tahun depan hingga target kita menghubungkan Bengkulu dengan Provinsi tetangga terutama Jambi dan Sumatera Selatan ini akan bisa terealisasi dua tiga tahun kedepan. Jadi sekali lagi saya yakin betul betul melihat kerja keras kemudian kebersamaan dari TNI dengan kita ini semua bisa berhasil,” pungkas Rohidin. (Adv)