Tak Berkategori  

Kapolda Jatim Pantau Kondisi Terakhir Gunung Semeru Melalui Udara

Lumajang – Berangkat dari Base Ops Lanudal Juanda Sidoarjo, Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Nico Afinta, didampingi pejabat utama (PJU) Polda Jawa Timur, melakukan pantauan udara menggunakan Helikopter untuk memantau kondisi terkini Gunung Semeru, pada hari Kamis (9/12/21) siang kemarin.

Baca Juga :  Optimis 2022 Lebih Baik, Pemkot Malang Gelar Refleksi Kinerja 2021

Dalam pantauan udara, Kapolda Jawa Timur menganalisa kawasan terdampak Awan Panas Guguran (APG) Erupsi Gunung Semeru, juga memetakan jalur aliran lahar yang berdekatan dengan permukiman warga.

“Akan kita buat penanda, dimana penanda tersebut akan mempertegas zona atau jalur yang berpotensi memiliki tingkat kerawanan bencana erupsi,” kata Irjen Pol. Nico Afinta melalui Humas Polda Jawa Timur

Baca Juga :  Staf Khusus Presiden Apresiasi Kota Batu Yang Ramah Disabilitas

Penanda itu dapat menjadi acuan peringatan dini kepada para petugas relawan dan masyarakat, yang tergabung dalam Sar Gabungan Satgas Penanggulangan Erupsi Gunung Semeru.

“Hasil Analisa ini akan dikoordinasikan dengan stake holder terkait seperti Badan Vulkanologi, Basarnas dan BPBD serta Pemda dan instansi terkait” pungkas Kapolda.

Baca Juga :  Jadi Tuan Rumah, Kota Batu Gelar ‘Welcome Dinner W20 Di Hotel Golden Tulip’