Pemko BATAM BP BATAM

Jelang Vaksinasi, Walikota Dan Wakil Walikota Bengkulu Di Screening Tim Medis

Satujuang.com, Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi di screening, jelang penyuntikan vaksin Covid-19 yang rencananya dilakukan serentak tanggal 15 Januari 2021 khusus kepada seluruh kepala daerah dan wakilnya di kabupaten/kota, Selasa (12/01/21).

Direktur Rumah Sakit Harapan Doa (RSHD) Kota Bengkulu Dr.Lista menjelaskan, pada hari ini mereka melaksanakan penyaringan atau screening kepada para pemangku jabatan baik kepala daerah beserta unsur forkopimda dan juga pada beberapa pihak lainnya yang dijadwalkan untuk di vaksin pada tanggal 15 Januari mendatang.

 

Baca Juga :  Polres Mukomuko Jalin Kemitraan dengan Wartawan

“Hari ini kita melakukan screening untuk persiapan siapa-siapa yang akan divaksin. Karena tanggal 15 nanti kan khusus kota dan kabupaten, kepala daerahnya beserta dengan beberapa unsur forkopimda akan divaksin lebih dulu. Termasuk Kepala Dinas (Kadis) Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, itu akan launching pertama,” jelas Dr.Lista.

Baca Juga :  Wawali Surabaya Cak Ji Do'akan Helmi Hasan Jadi Gubernur 2024

Lebih lanjut Dr.Lista menjelaskan bahwa tujuan screening adalah supaya diketahui apakah yang bersangkutan layak divaksin atau termasuk kriteria yang kontra indikasi untuk divaksin. Penyaringan atau screening Covid-19 adalah langkah penting dalam mencegah penularan penyakit yang diakibatkan virus corona.

Screening Covid-19 dilakukan oleh petugas medis yang berkompeten sesuai dengan pedoman protokol penanganan Covid-19 yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, prosedur ini penting demi keamanan orang yang akan divaksin, termasuk petugas medis yang menangani.

Baca Juga :  Bedah Rumah Baznas, Gubernur Letakkan Batu Pertama

 

Screening merupakan tindakan awal yang dilakukan petugas kesehatan sebelum diberikan vaksin, dirinya juga menyebutkan bahwa tindakan ini berguna untuk menghindari kemungkinan terjadi kontra indikasi terhadap beberapa penyakit yang diderita.

“Nanti untuk hasilnya (hasil screening) kita tunggu dulu, karena mungkin ada beberapa penyakit yang diderita. Itu yang kita takutkan, itu bisa jadi kontra indikasi. Nanti kita lihat,” kata Lista. (Mc)