Dinkominfo Muba Ikuti Penilaian Evaluasi Menuju Smart City

Muba – Komitmen yang luar biasa terus ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam mencapai Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021. Berbagai upaya-upaya inovatif terus dilakukan secara maksimal oleh OPD terlibat dalam mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup manusia dan komunitas di Muba.

Hal ini diketahui saat Pemkab Muba melalui Dinas Komunikasi dan informatika Muba mengikuti secara virtual Penilaian Evaluasi Dalam Rangka Program Gerakan Menuju Smart City Tahun 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (8/12/21) di Ruang Rapat Serasan Sekate Gedung Pemkab Muba.

Kegiatan penilaian evaluasi akhir Smart city di Kabupaten Muba ini dipimpin dan dibuka Plt Bupati Muba Beni Hernedi SIP melalui Sekda Muba Drs H Apriyadi MSi, dihadiri Asisten Administrasi Umum Sunaryo SSTP MM dan diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Muba.

Baca Juga :  ASN Pemkab Muba di Temukan Sudah Membengkak dan Mengeluarkan Aroma Busuk

Sekda Drs H Apriyadi MSi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dan seluruh tim, para pembimbing, dan Kementerian Kominfo RI yang telah memberikan motivasi dan bimbingan kepada Pemerintah Muba dalam rangka meningkatkan program smart city tersebut.

Ia juga berharap kedepannya Muba memperoleh hasil yang lebih baik dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi smart city tahun 2021. “Tentu Usaha dan bimbingan yang dilakukan oleh tim ini, dan tentu menjadi bahan bagi kami untuk meningkatkan kualitas program smart city di Kabupaten Musi, dan tentu muara akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan layanan publik bagi masyarakat di kabupaten Muba,”ungkapnya.

Sementara Kepala Dinkominfo Muba Herryandi Sinulingga AP dalam paparannya, menyampaikan bahwa visi Pemkab Muba menjadikan Musi Banyuasin sebagai Kabupaten cerdas yang hijau, kreatif, Inovatif, berdaya saing dan terdepan guna mendukung terwujudnya Muba Maju Berjaya Tahun 2022.

Baca Juga :  Babinsa Bersinergi Dengan Aparat Desa, Dilakukan Dengan Anjangsana

Dikatakan Sinulingga, Pemkab Muba juga ingin mewujudkan tata kelola dan tata pamong pemerintahan daerah yang efektif, efesien dan komunikatif. Meningkatkan daya saing daerah dalam lingkup lokal, nasional maupun internasional.

Selain itu, lanjutnya mewujudkan ekosistem yang mendukung aktifitas ekonomi masyarakat. Mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang layak tinggal, nyaman dan efesien. Mewujudkan ekosistem sosio-teknis masyarakat yang humanis dan dinamis, dan Mewujudkan tata kelola lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan.

“Sasaran Muba Smart Regency ini ada tiga yakni pertama Smart Govencance ( Meningkatnya Pelayanan Publik, meningkatnya Efisiensi manajemen birokrasi pemerintah, Meningkatnya Keterlibatan Publik dalam manajemen kebijakan publik). Smart Branding (Berkembangnya Ekosistem Pariwisata, Berkembangnya ekonomi kreatif daerah, terciptanya wajah kabupaten dengan tata ruang yang berkualitas). Smart Environment (meningkatnya proteksi terhadap lingkungan hidup, meningkatnya tata kelola persampahan berbasis masyarakat, terciptanya tata kelola energi yang berwawasan lingkungan),”terangnya.

Baca Juga :  Karanganyar Jadi Role Model Program Binmas Operasi Rasaka Cartenz 2022

Sinulingga juga memaparkan, adapun target pencapaian dalam menuju Muba Smart City yakni ada enam pilar program unggulan yang mendukung terwujudnya muba smart city kini telah dilaksanakan di Muba diantaranya Smart Government, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living , Smart Society dan Smart Environment.

“Program unggulan PD mewakili masing – masing dimensi tahun 2021 diantaranya adalah Smart Governance pesona mas pandu 1 (Layanan Kependudukan) program dari Disdukcapil, Smart Branding Sport Tourism program dari Dispopar, Smart Economy Program Replanting (PSR) program Disbun, Smart Living SIRINE 119 (nomor Panggilan Darurat) program Dinkes, dan Smart Society AplikasI I-Muba (Buku Elektronik) program Dinas Perpustakaan dan kearsipan, Smart Environment Bank Sampah (MART) program Dinas Lingkungan Hidup,”pungkasnya.