Danlanal Dabo Singkep : Pengenalan Ibadah Haji Perlu Sejak Usia Dini

Manasik Haji bagi siswa siswi TK Hangtuah Dabo Singkep

Lingga – TK Hangtuah asuhan dan binaan Lanal Dabo Singkep ini memberikan pengajaran kepada anak didik tentang tata cara melaksanakan kegiatan ibadah haji yang benar.

Tujuannya untuk memperkenalkan tata cara pelaksanaan Rukun Islam kelima bagi generasi muda.

Menurut Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Didik Hermawan M,Tr Opsla, perlu upaya pengenalan kepada anak usia dini tentang bagai mana tata cara melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Maka dari itu Taman Kanak-kanak (TK) Hangtuah Dabo Singkep menggelar peragaan manasik haji yang dilaksanakan di lapangan Masjid Raya Az Zulfa Dabo Singkep, Sabtu (12/02/22).

Baca Juga :  Tim Wasev Mengunjungi Lokasi TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak

Pada kegiatan peragaan tersebut, antusias anak-anak usia dini itu begitu tinggi. Lebih kurang 50 orang anak-anak terlihat begitu mencermati jalannya kegiatan.

“Dalam pengenalan dan peragaan manasik haji ini, kami laksanakan semirip mungkin dengan pelaksanaan sebenarnya, hanya saja dalam lingkup yang lebih kecil,” kata Danlanal kepada awak media, Sabtu (12/2).

Ia juga menjelaskan, selain bermanfaat bagi para siswa dan siswi, para orang tua murid dan undangan yang hadir juga dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari kegiatan ini.

Baca Juga :  Empati Kasad Terhadap Rekrutmen Prajurit Yang Agamis

“Saya melihat seluruh siswa TK Hangtuah yang terlibat pada kegiatan manasik itu, nampak begitu antusias sekali dan bersemangat dalam melaksanakan latihan,” ujarnya.

Busana hajinyapun mengikuti tatacara berpakaian seperti ketika melaksanakan ibadah haji.

Yaitu siswa laki-laki hanya memakai kain ihram, sedangkan untuk siswa perempuan, memakai pakaian serba putih dan memakai kerudung yang juga berwarna putih.

Baca Juga :  Danrem 084/BJ Ikuti VidCom Rakor PPKM dengan Menko Marves

“Siswa siswi TK tersebut dibimbing dan diajarkan cara pelaksanaan tawaf, shalat sunnah tawaf, sa’i yaitu lari-lari kecil dari Safa ke Marwah, kemudiah wukuf di Arafah serta melempar jumroh dan tahallul yaitu menggunting rambut,” jelas Danlanal.

Sementara itu, pembimbing kegiatan manasik haji ini tersebut, Ustadz Mulyadi, mengapresiasi langkah yang dilaksanakan oleh TK Hangtuah.

Ia berharap, program seperti ini menjadi program tetap, sehingga TK Hangtuah mampu mewujudkan siswa-siswi nya menjadi anak yang beriman sesuai syariat Islam. (Eka)