Bupati Bundra Jaya menandatangani Dokumen Penyerahan PPI Pasar Seluma Kepada Provinsi Bengkulu

Satujuang.com – Bupati Seluma H. Bundra Jaya SH., MH., menandatangani Dokumen Penyerahan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pasar Seluma Kepada Provinsi Bengkulu secara virtual, di Gedung Daerah Serasan Seijoan Kabupaten Seluma, Selasa (2/2/21).

Dasar pelaksanaan adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah Dilaksanakan Berdasarkan Asas Desentralisasi Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan.

Sesuai dengan urusan pemerintahan konkuren yang menjadi kewenangan daerah yang terdiri atas urusan pemerintahan wajib dan urusan pemerintahan pilihan.

Baca Juga :  UINFAS Bengkulu Jadi Bagian Pelaksanaan Satu Juta Vaksin Booster

Urusan pemerintahan wajib adalah urusan pemerintahan yang wajib diselenggarakan oleh semua daerah sedangkan urusan pemerintahan pilihan adalah urusan pemerintahan yang wajib diselenggarakan oleh daerah sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah.

Urusan Pemerintahan pilihan salah satunya meliputi kelautan dan perikanan, pembagian urusan pemerintahan konkuren antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari undang-undang ini.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPI Pasar Saluma pengelolaannya diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu dan diharapkan kedepannya PPI Pasar Seluma ini dapat dikembangkan baik secara fungsi dan pelabuhannya sehingga dapat memberikan manfaat kepada sektor perikanan tangkap dalam mendorong peningkatan produksi perikanan.

Baca Juga :  Pengerjaan TOL Bengkulu Tercepat di Indonesia

Untuk sektor industri perikanan diharapkan kedepannya dapat terlaksana kegiatan ekspor hasil perikanan sehingga meningkatkan kesejahteraan para nelayan khususnya di Provinsi Bengkulu

“Selain itu lokasi TPI Pasar Seluma yang cukup strategis hanya berjarak sekitar 30 kilo meter dari Pelabuhan Pulau Baai yang memiliki lahan 6,4 hektar dan dapat dikembangkan sampai dengan 100 hektar untuk kedepannya. Sehingga dapat meningkatkan sinergitas yang baik dalam mendorong kegiatan perekonomian perikanan baik industri pengolahan ekspor dan impor hasil perikanan serta kegiatan lainnya”, ujar H. Bundra Jaya.

Baca Juga :  Dikbud Provinsi Bengkulu Siap Laksanakan UAS 11 April 2022

Kemudian dilaksanakan penandatanganan dokumen berita acara penyerahan P3D sarana dan prasarana serta dokumen PPI Pasar Seluma Kabupaten Seluma oleh Bupati Seluma dengan Gubernur Bengkulu yang diwakili Sekda Provinsi Bengkulu. (adv)