Bang Zul : NTB Harus Jadi Triger Utama Ekonomi Nasional

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah

Mataram – Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, menginginkan agar dengan banyaknya event besar, Provinsi NTB mampu menjelma menjadi Provinsi Triger Utama Ekonomi dari Nasional.

Hal itu disampaikan Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB, saat memberikan sambutan pada Dialog Publik Pra Konkorcab PKC PMII Bali-Nusra.

Dialog dengan tajuk ‘Sukseskan MotoGP Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional’ tersebut, bertempat di Kata Kopi Mataram (25/2/22).

“Dengan banyaknya kegiatan event besar seperti itu, kita ingin NTB mampu menjelma menjadi suatu provinsi trigger utama ekonomi dari Nasional,” ungkap Bang Zul.

Baca Juga :  Gubernur Rohidin Hadiri Muroqaz Al Qur'an di Masjid Raya Baitul Izzah

Bang Zul melanjutkan, terkait hadirnya MotoGP misalnya, mau tidak mau runway bandara harus diperpanjang dan pihak angkasapura harus membangun terminal lebih indah.

“Termasuk PLN tidak boleh mati, telekomunikasi harus lebih baik dan lain sebagainya. Semuanya harus bergerak dengan hadirnya event internasional itu,” ujarnya.

Lanjut Bang Zul, jika setiap bulan mampu menghadirkan event besar, maka tempat lainnya akan selalu ramai.

“Misalnya event mini MotoGP atau otomotif lainnya, maka kegiatan di hotel-hotel tidak akan berhenti, termasuk di tempat-tempat lain di NTB,” jelasnya.

Baca Juga :  Forkompimda Jatim Gelar Rakor Angkutan Lebaran 2022

Lebih lanjut Doktor Ekonomi Industri ini menyampaikan, pembangunan ekonomi itu sederhana saja, erat kaitannya dengan mobilitas.

“Makanya kalau mau memajukan suatu daerah atau Negara, tinggal mobilitasnya saja ditingkatkan,” tandas Bang Zul.

Dijelaskan juga oleh Bang Zul, suatu daerah atau dusun terpencil yang tidak maju-maju, jika ingin menggesa pembangunan ekonominya maka segera bangun fasilitas dan infrastrukturnya.

“Buka akses jalan, buat jembatan, bikin pelabuhan, hadirkan Airport, maka mobilitas ekonomi akan bergerak,” urai Bang Zul.

Sementara itu, Ketua PKC PMII Bali-Nusra, Aziz Muslim menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini Pra Konkorcab dianalogikan seperti Indonesia sedang membutuhkan NTB.

Baca Juga :  Dandim 1628/SB Tinjau Sasaran Lokasi Operasi Bhakti TNI TMMD 114

Karena secara ekonomi dimulai dari NTB dengan hadirnya event internasional yaitu MotoGP, WSBK, Asian Talent Cup dan lain sebagainya.

“Event internasional tidak hanya untuk Indonesia tetapi seluruh dunia. Makanya kita dorong pertumbuhan ekonomi Nasional itu dimulai dari NTB,” katanya.

Turut hadir dalam dialog publik tersebut, Asisten 2 Setda NTB, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Sosial, Kepala Bakesbangpoldagri serta para pimpinan OKP di Mataram. (diskominfotik/fitra)