Aheruddin Minta Pemda KSB Serius Sikapi Kelangkaan Minyak Goreng

Aheruddin Sidik, SE

Sumbawa Barat – Komisi II DPRD Kabupaten Sumbawa Barat meminta pemerintah daerah bersama Bulog untuk menggelar operasi pasar sebagai upaya mencegah terjadinya kelangkaan minyak goreng.

Permintaan itu untuk menindaklanjuti keluhan dari masyarakat terkait mahalnya harga minyak goreng dan sulitnya mendapatkan minyak goreng di KSB.

Ketua Komisi II DPRD KSB Aheruddin Sidik mengatakan, dengan kondisi ini negara harus hadir untuk mengintervensi pasar.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Merespon Harapan Petani Sumbawa Barat

“Kami mendapatkan laporan bahwa bukan hanya masyarakat yang mengeluhkan minyak goreng, para pedagang juga sangat mengeluhkan kelangkaan minyak goreng di Sumbawa Barat, kondisi ini  harus disikapi serius oleh pemda KSB,” ucapnya.

Aher juga mengatakan, kelangkaan minyak goreng tersebut bisa diakibatkan adanya oknum tertentu yang secara sengaja melakukan penimbunan atau bisa juga produsen mengurangi jumlah produksi minyak goreng.

“Tapi untuk lebih pastinya pemerintah daerah melalui instansi atau dinas terkait bersama aparat penegak hukum, harus lebih jeli menelusuri penyebabnya dan segera mengatasi kelangkaan minyak goreng tersebut,” tegas Politisi Muda PKP.

Baca Juga :  Bengkulu Optimis, Ekonomi Bangkit

Secara kelembagaan, Komisi II akan melaksanakan fungsi pengawasannya dalam waktu  dekat.

“Operasi pasar adalah jalan cepat untuk menyelesaikan masalah ini, sambil menunggu langkah lebih lanjut dari pemerintah,” harapnya.

Dia meminta masalah ini tidak boleh diabaikan karena akan memberikan dampak cukup besar, bukan saja pada rumah tangga tapi akan berimbas pada usaha kecil menengah (UKM).

Baca Juga :  Kodim 1628/SB Gelar Tradisi Lepas Sambut Pejabat Dandim

Aher menghimbau, dinas terkait juga harus bisa merespons ini. Jangan sampai berimbas pada persoalan lain.

“Kami juga dalam waktu dekat akan segera mengambil langkah-langkah dengan mengudang Dinas terkait dan pihak Bulog dalam Rapat Dengar Pendapat,” pungkas Aher. (Fitra)